Print this page

Tarian Caci Tampil di Festival FLORATA Featured

Tarian Caci Tampil di Festival FLORATA florestoday.com/Sabrina Hutajulu

florestoday.com, Labuan Bajo - Festival FLORATA yang menghadirkan kekayaan seni budaya 9 kabupaten di wilayah Flores dan Lembata ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan.

Labuan Bajo yang kini ditetapkan sebagai destinasi pariwisata prioritas, terus menggemakan namanya ke belahan dunia. Festival FLORATA ini menjadi salah satu strategi dinas pariwisata guna memperkenalkan Labuan Bajo beserta keragaman budaya terkhusus di Flores dan Lembata

Salah satu kesenian khas Flores yang ditampilkan ialah tari Caci. Berlokasi di Lapangan Kaki Kampung Ujung, Kesenian satu ini merupakan suatu permainan uji ketangkasan dalam bela diri yang dipadukan dengan gerak tari.

Tari Caci adalah kesenian tradisional khas dari masyarakat Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Tarian ini merupakan tarian yang dimainkan oleh dua penari laki-laki yang menari dan saling bertarung dengan menggunakan cambuk dan perisai sebagai senjatanya.

Nama Tari Caci sendiri berasal dari kata “ca” berarti “satu” dan “ci” yang berarti “uji”. Sehingga caci dapat diartikan sebagai uji ketangkasan satu lawan satu.

Masyarakat Labuan Bajo antusias menyaksikan Tari Caci yang saat ini masih berlangsung. Meski cuaca sangat terik nan membakar, namun antusiasme yang tinggi terhadap pengetahuan seni dan budaya Flores ini, masyarakat ramai-ramai datang ke festival FLORATA. (Sabrina)

Rate this item
(1 Vote)

Related items