Pemerintah Pusat Dukung Budidaya Sorgum di Flores

05 Oct 2016
211 times
Sorgum Sorgum

Jakarta, Flores Today – Pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian (Kementan) mendukung upaya pengembangan sorgum di Pulau Flores- Nusa Tenggara Timur (NTT). Ini dilakukan untuk mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap beras sebagai makanan pokok.

Andi Amran Sulaiman, Mentri Pertanian RI menyatakan sangat mendukung pengembangan sorgum di Pulau Flores khususnya, dan NTT umumnya menjadi pangan pokok masyarakat setempat, sehingga tidak tergantung penuh terhadap beras.

“Pengembangan sorgum harus terus dikembangkan sebagai pengganti terigu, pakan ternak dan salah satu bahan pangan untuk melakukan penganekaragaman pangan,” kata Sulaiman saat pertemuan dengan Penggagas dan Pendamping Budidaya Sorgum di Flores, Maria Loretha, di Kementerian Pertanian, Jakarta, sabagaimana dilansir Antara, Senin (3/10).

Pertemuan tersebut membahas pengembangan komoditas sorgum sebagai pangan pokok masyarakat di Nusa Tenggara Timur (NTT), khususnya di Flores Timur, lembata, Manggarai Barat, Sumba Timur dan Ende.

Sulaiman mengungkapkan, tahun 2016 ini pihaknya akan segera mengembangkan 1.000 hektar sorgum dan pasarnya akan disiapkan juga.

Sementara itu, Maria Loretha menyatakan, siap mengembangkan sorgum tersebut sebab, di Flores Timur, Lembata, Manggarai Barat, Sumba Timur dan Ende serta daerah lain yang ada di NTT tersedia banyak lahan marginal yang cocok untuk budidaya komoditas pangan tersebut.

Menurut dia, pihaknya melakukan pengembangan sorgum sejak 2007 bersama Yayasan Kehati dan Yaspensel. Pengembangan sorgum tersebut tidak dengan sistem Demonstrasi Plot (Demplot) namun langsung turun aksi bersama masyarakat petani yang memiliki lahan marginal yang tidak bisa ditanami padi, jagung dan komoditas pangan lainnya.

“Sorgum yang kami kembangkan sampai saat ini tidak menggunakan pupuk tapi menggunakan air alami saja. Air tersebut membawa unsur hara alami yang menyuburkan lahan dan untuk kebutuhan tanaman. Padahal lahan itu sudah ditanami sorgum berkali-kali,” ujarnya. (Editor : Ardy)

Sumber: ANTARA

Rate this item
(0 votes)

NewsLine is a full functional magazine news for Entertainment, Sports, Food website. Here you can get the latest news from the whole world quickly.

Kontak Info

Flores Today

Jl. Reklamasi No 8 Kampung Ujung, Labuan Bajo,
Kec. Komodo, Labuan Bajo,
Manggarai Barat, NTT – Indonesia.
Telp: +6238541736
Email: admin@florestoday.com / florestodaynews@gmail.com

Photo Gallery