Bangun Ekonomi Matim Harus Sinergi dengan Dunia Usaha Featured

05 Oct 2016
225 times
Sil Hadir, Bakal calon wakil bupati Matim periode 2019-2023 (Foto: floresa.co) Sil Hadir, Bakal calon wakil bupati Matim periode 2019-2023 (Foto: floresa.co)

Borong, Flores Today - Manggarai Timur merupakan sebuah kabupaten di Nusa Tenggara Timur yang memilki beragam potensi ekonomi untuk dikembangkan pemerintah daerah.

Karena itu, pemerintah harus sinergi dengan dunia usaha dalam kaitan meningkatkan ekonomi masyarakat dari berbagai potensi yang ada di daerah itu. Itu terutama pengembangan komoditas unggulan masyarakat.

Demikian disampaikan Silvianus Hadir, bakal calon wakil bupati Matim periode 2019-2023 kepada Flores Today, Rabu (5/10).

Menurut Sil Hadir, kerjasama dengan pelaku bisnis penting dilakukan untuk mendapatkan kontribusi konkrit mereka, terutama dalam menjamin kuantitas dan kualitas pembangunan Matim ke depan.

“Agar pemanfaatan hasil karya dapat berlangsung secara lama,” katanya.

Dia mengatakan, pontensi terbesar yang perlu dikembangkan di Matim ialah hasil komoditi. Karena itu, pemerintah dan pelaku usaha harus duduk bersama membahas pengembangan sesuai pontensi di setiap daerah di ujung timur Manggarai itu.

Misalnya, ia menyebut, komoditas unggulan terbesar di Kecamatan Poco Ranaka yaitu cengkih, kopi, dan vanili. Kecamatan Borong cocok mengembangkan kakao dan vanili.

Selanjutnya, kata Sil Hadir, Kecamatan Kota Komba dipetakan sebagai daerah yang sangat cocok mengembangkan kakao, cengkih, dan vanili dan Lamba Leda yaitu kemiri dan jambu mete. Kecamatan Elar cocok mengembangkan Jambu Mete dan Kecamatan Sambi Rampas yaitu potensial tanaman komoditi vanili dan kakao.

“Semua itu dapat menolong ekonomi jika soko guru perekonomian yaitu pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha memiliki sinerginitas secara baik,” katanya

Untuk menunjang kemajuan ekonomi dari pengembangan hasil komoditas itu, demikian ia menambahkan, pemerintah daerah perlu melakukan perbaikan infrakstruktur jalan raya secara rutin. Sebab, ketiadaan jalan raya bisa menyebabkan inflasi dan ekonomi masyarakat setempat semakin melarat. (Ardy)

Rate this item
(0 votes)

NewsLine is a full functional magazine news for Entertainment, Sports, Food website. Here you can get the latest news from the whole world quickly.

Kontak Info

Flores Today

Jl. Reklamasi No 8 Kampung Ujung, Labuan Bajo,
Kec. Komodo, Labuan Bajo,
Manggarai Barat, NTT – Indonesia.
Telp: +6238541736
Email: admin@florestoday.com / florestodaynews@gmail.com

Photo Gallery