Print this page
Minyak Babi Untuk Menangkal Roh Jahat Ala Manggarai

FLORESTODAY.COM, Labuan Bajo - Selain bisa digunakan untuk bahan masakan, rupanya minyak babi juga bisa digunakan sebagai pengusir roh jahat di dalam rumah.

Dalam kebudayaan Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur minyak babi dapat dioleskan di bagian pintu maupun jendela rumah. Hal tersebut diungkapkan oleh tokoh masyarakat yang ditemui florestoday.com di Desa Gorontalo berbagi mitos dalam kebudayaan Manggarai.

"Jadi untuk menjaga keseluruhan orang yang ada di dalam rumah, orang Manggarai menggunakan minyak babi untuk mengusir roh jahat" ungkap Benyamin

Penggunaan minyak babi ini dapat dilakukan satu kali saja. Artinya, jika pintu atau jendela rumah sudah pernah dioleskan minyak babi, maka tidak perlu dioleskan lagi.

"Oles satu kali saja di pintu atau di jendela" imbuhnya.



Benyamin menambahkan, jika ada anggota keluarga yang mengalami kerasukan roh jahat, maka minyak babi dapat dioleskan lagi di bagian pintu dan jendela, serta diiringi pembacaan doa.

"Minyak babi yang dioleskan ke pintu dipercaya orang Manggarai untuk menjaga segenap jiwa yang ada di dalam rumah." tandas Benyamin. (Sab)

Last modified on Thursday, 19 March 2020 02:46
Tagged under
Share this article
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…