Ulumbu Didorong Jadi Ikon Energi Baru Terbarukan di NTT

05 Oct 2016
212 times
PLTPB Ulumbu (Foto: indoamaterasu.com) PLTPB Ulumbu (Foto: indoamaterasu.com)

Kupang, Flores Today - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (Pemprov NTT) mendorong Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTPB) Ulumbu menjadi salah satu ikon Energi Baru Terbarukan (EBT) di daerah itu. PLTPB Ulumbu sendiri terletak di Desa Wewo, Kecamatan Satar Mese, Kabupaten Manggarai-Flores.

Badan Kordinasi Penanaman Modal Provinsi NTT sebagaimana dirilis dalam website: bkpm-nttprov.web.id melaporkan, selain PLTPB Ulumbu yang sedang diperjuangkan menjadi ikon EBT, juga PLTPB Mataloko di Kabupaten Ngada-Flores.

“Kita mendorong agar PLTPB Mataloko dan Ulumbu di Pulau Flores nantinya bisa menjadi ikon EBT untuk Pulau Flores seperti halnya pengembangan mikro hidro sebagai ikon Pulau Sumba,” ujar Boni Marisin, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi NTT, Rabu (28/9/16).

Sebagai upaya pengembangan ikon EBT di Pulau Flores, kata dia, dalam waktu pihaknya akan melakukan pembahasan bersama pihak terkait mengenai potensi panas bumi.

Boni mengaku, pemerintah pusat telah menunjukan PT PLN (Persero) untuk mengembangkan wilayah kerja panas bumi Ulumbu dan Mataloko dengan kapasitas masing-masing 50 megawatt dan 22,5 megawatt.

“Saat ini sudah beberapa daya listrik yang dioperasikan dan prosesnya akan ditargetkan untuk seluruhnya akan masuk ke sistem NTT pada awal 2020,” ungkapnya.

PLTPB Ulumbu saat ini yang sudah beroperasi sebanyak 10 megawatt dan menyuplai listrik wilayah kota Ruteng dan sekitarnya. Sedangkan, PLTPB Mataloko yang sudah dipakai sejumlah 2,5 megawatt dan menyuplai listrik di Ngada.

“Kita harapkan agar nantinya ketika semua proses diselesaikan oleh PLN, pasokan listrik bisa memadai ke berbagai daerah pelosok terutama di Flores dan sekitarnya,” dia memungkasi.

Selain mengembangkan PLTPB Ulumbu dan Mataloko, demikian Boni, pemerintah juga segera mengembagkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Di NTT, kata Boni, terdapat di tiga lokasi yaitu di Kabupaten Alor, satu di Kabupaten Manggarai, dan satu di Rote Ndao.

“Untuk PLTS ini merupakan program dari Kementrian ESDM melalui Direktorat Jendral EBT dan rencananya akan dimulai tahun ini,” katanya.

Dikatakan, pihaknya akan terus mendorong investasi EBT di NTT, sebab daerah itu menyimpan banyak potensi energi non fosil seperti arus laut, bui, air, tenaga surya, dan lainnya. (Editor: Ardy)

Sumber: bkpm-nttprov.web.id

Rate this item
(0 votes)

NewsLine is a full functional magazine news for Entertainment, Sports, Food website. Here you can get the latest news from the whole world quickly.

Kontak Info

Flores Today

Jl. Reklamasi No 8 Kampung Ujung, Labuan Bajo,
Kec. Komodo, Labuan Bajo,
Manggarai Barat, NTT – Indonesia.
Telp: +6238541736
Email: admin@florestoday.com / florestodaynews@gmail.com

Photo Gallery