Mahasiswa KKN Semarakan Pawai Takbiran di Pota

05 Oct 2016
249 times
Pawai malam tahbiran di pota (Foto: Dok. Mahasiswa KKN PENA Universitas Muhamadya Yogyakarta) Pawai malam tahbiran di pota (Foto: Dok. Mahasiswa KKN PENA Universitas Muhamadya Yogyakarta)

Borong, Flores Today - Sejumlah mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Proyek Ekspedisi Nusantara (PENA) dari Universitas Muhamadya Yogyakarta ikut menyemarakan pawai malam takbiran Idhul Adha 1437 Hijriyah di Pota, Kecamatan Sambi Rampas, Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Minggu (11/9) malam.

Keikutsertaan para mahasiswa dalam pawai malam takbiran ini membawa kreasi baru bagi umat muslim setempat. Mereka mengemasnya dengan melakukan jalan kaki (long march) sejauh 3 kilometer sembari membawa obor.

Ini tentu berbeda, dimana pada pawai takbiran tahun-tahun sebelumnya umat muslim di Pota mengemasnya dengan mengunakan kendaraan bermotor, baik roda dua maupun empat mengelilingi alun-alun kota di bagian utara Matim itu.

Teguh Rahayu, Kordinator mahasiswa KKN PENA Universitas Muhamadya Yogyakarta dalam press release yang diterima sejumlah wartawan di Borong, Selasa (13/9), mengungkap kegiatan pawai malam takbiran di Pota diikuti ribuan umat muslim dan non muslim.

Menurut Teguh, selain mahasiswa KKN yang memotori pawai ini juga diikuti oleh siswa dari 10 Sekolah Dasar (SD) dan SMP serta SMA yang ada di sekitar kelurahan Pota.

“Sekolah-sekolah itu, antara lain, MI Jihadul Iman Pota, SD Inpres Pota, MIS Sathil Bahri, SD Negeri Pota, MIS Al-Ar-Rohimiyah Pota, MAS Amaliya Pota, SMP Negeri 2 Sambi Rampas, dan SMA Negeri 2 Sambi Rampas,” katanya.

Ia menambahkan selain jalan kaki, panitia juga mengemas pawai tersebut dalam bentuk perlombaan. Sekitar 3000 siswa dari berbagai sekolah ini berlomba-lomba menampilkan atraksi terbaik dengan berbagai ornament masing-masing sepanjang long march.

Berdasarkan penilaian panitia, kata Teguh, hasil perlombaan untuk kategori SD menempatkan SD Inpres Pota sebagai juara I, MI Jihadul Iman Pota sebagai juara II, dan MIS Sathil Bahri sebagi juara III.

Sedangkan untuk kategori sekolah menengah, MTs Negeri Pota menempati juara I, disusul MAS Amaliya Pota juara II, dan MIS Al-Ar-Rohimiyah Pota juara III. (Ardy)

Rate this item
(0 votes)

Flores Today Tour is a travel agency under PT Flores Today Tour based on Labuan Bajo, West Manggarai, Flores, NTT, Indonesia. We are is Tour Agent with license is ready to serve and help you travel all the way to the mainland of Flores safely.

Kontak Info

Flores Today

Jl. Reklamasi No 8 Kampung Ujung, Labuan Bajo,
Kec. Komodo, Labuan Bajo,
Manggarai Barat, NTT – Indonesia.
Telp: +6238541736
Email: admin@florestoday.com / florestodaynews@gmail.com

Photo Gallery