Mau Ke Pulau Padar? Ini Yang Harus Disiapkan Featured

Mau Ke Pulau Padar? Ini Yang Harus Disiapkan florestoday.com/Sabrina Hutajulu

florestdoday.com, Labuan Bajo - Salah satu keajaiban yang ada di Labuan Bajo ialah eksotisme Pulau Padar yang tak akan ditemukan di tempat manpun di dunia. Pulau dengan bukit mengerucut ini membelah lautan sehingga terbentuk tiga pantai melengkung di sekitarnya.

Pulau ini merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO yang sangat hits di Labuan Bajo, rasanya tak lengkap jika ke Labuan Bajo tidak datang ke pulau ini.

Untuk bisa menuju pulau Padar, dibutuhkan waktu 1 jam 30 menit menggunakan speedboat dari Labuan Bajo. Saat tiba di Pulau Padar, pengunjung akan dibuat kagum dengan gagahnya bukit-bukit yang menjulang tinggi ditambah pantai berpasir putih yang sangat luar biasa indah. Untuk bisa melihat keindahan 3 pantai dari ketinggian, pengunjung harus melakukan trekking selama kurang lebih 30 menit. Untungnya, pemerintah telah menyiapkan ratusan anak tangga untuk bisa sampai ke puncak pulau Padar.

Meskipun akses menuju puncak sudah mudah, namun menaiki ratusan anak tangga di siang hari yang sangat panas, cukup menguras tenaga. Berikut florestoday.com memberikan beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum trekking di Pulau Padar.

Ayo Jalan-jalan ke Komodo!

Memasuki musim kemarau, udara di Labuan Bajo sangat panas. Saat jurnalis florestoday.com tiba di Padar pukul 10.00 Wita, matahari begitu terik menyengat. Maka hal yang harus diperhatikan ialah tetap menjaga kesehatan kulit dengan memakai sunblock dengan kadar SPF minimal 30 sebelum trekking agar kulit tidak terbakar.

Pengunjung yang ingin ke Pulau Padar dihimbau untuk menggunakan sepatu khusus trekking untuk kegiatan alam seperti mendaki gunung atau trekking di hutan. Meskipun akses menuju puncak Pulau Padar sudah menggunakan tangga, namun sebagian jalan diharuskan menginjak bebatuan yang berpasir sehingga dikhawatirkan akan tergelincir jika tidak mengguanakan sepatu khusus.

Baca juga: Taman Nasiona Komodo Belum Tutup

Sebelum mendaki, pengunjung diwajibkan membawa air mineral minimal 1 liter untuk mencegah dehidrasi saat trekking. Jika merasa lelah saat trekking, pengunjung bisa beristirahat sejenak di bawah pohon sambil minum air yang telah dibawa, lalu jika tenaga sudah pulih, bisa melanjutkan trekking. Diharapkan pengunjung tidak memaksakan diri jika sudah terlalu lelah untuk trekking ke puncak. Pengunjung masih bisa melihat eksotisme tiga pantai khas Pulau Padar meski tidak trekking sampai ke puncak.

Explore The Beauty of Flores with RRI

Selanjutnya, jika telah sampai di Puncak, pengunjung pasti ingin mengabadikan momen dengan berfoto. Biasanya, pengunjung akan menaiki atas batu agar hasil foto lebih bagus. Di sinilah pengunjung harus hati-hati saat naik ke atas bebatuan untuk foto agar tidak tergelincir jatuh ke bawah.

Dari atas Puncak Padar pengunjung akan dibuat membisu dengan keindahan Pulau Padar, dari atas Padar juga terlihat pantai dengan pasir pink yang mempesona dengan laut biru yang menyejukkan mata. Angin yang berhembus saat di atas puncak Padar masih terpantau aman dan cukup membuat segar setelah trekking yang melelahkan.

Pulau Padar menjadi salah satu destinasi unggulan Labuan Bajo yang kini sangat hits. Banyak selebriti tanah air yang datang ke Labuan Bajo untuk melihat maha karya sang maha kuasa. Seperti Bunga Citra Lestari dan baru-baru ini Maia Estianti juga datang ke Labuan Bajo dan mengunjungi Pulau Padar. (Sabrina)

Rate this item
(0 votes)

Tentang Kami

Sejak tahun 2015 dengan Motto "Explore The Beauty Of Flores" www.florestoday.com berdiri dan berpartisipasi sebagai sarana penyebar informasi, penjalin persatuan bangsa, merawat demokrasi untuk mendukung pembangunan yang dilaksanakan  oleh pemerintah bersama seluruh warga negara.

Kemajuan dan kesejahteraan akan semakin mudah kita capai jika kerjasama diantara kita dapat terjalin dengan baik.

Kontak Info

Jl. Reklamasi No 8 Kampung Ujung, Labuan Bajo, 

Kec. Komodo, Labuan Bajo,
Manggarai Barat, NTT – Indonesia.
Telp: +6238541736,

Mobile/Whatsapp: 0811922368

Email: redaksi@florestoday.com

Photo Gallery