Melihat Keajaiban Gua Rangko Featured

Melihat Keajaiban Gua Rangko florestoday.com/Yono

florestoday.com, Labuan Bajo - Berbicara tentang Labuan Bajo memang tidak akan pernah habis, Labuan Bajo kini sudah terkenal keindahannya di dunia internasional.

Selain terkenal dengan hewan purba Komodo, eksotisme pulau padar, kecantikan Pink Beach hingga Batu Cermin. Keajaiban lainnya di Labuan Bajo ialah Gua Rangko.

Ayo Jalan-jalan ke Komodo!

Bentuknya seperti kolam renang pribadi.  Gua Rangko terletak di Desa Tanjung Boleng, Rangko, Kabupaten MABAR, Nusa Tenggara Timur (NTT). Gua ini mempunyai ciri khas tersendiri dengan stalagtit dan stalagmit yang menakjubkan.

Atraksi wisata yang ada Gua Rangko yakni, berenang, berswafoto dan snorkeling, jadi pengunjung diharapkan untuk membawa perlengkapan berenang dan baju ganti. Waktu terbaik untuk berkunjung ke lokasi ini ialah pada siang hari mulai pukul jam 12.00 Wita hingga pukul 14.00 Wita, hal tesebut dikarenakan cahaya matahari memantul di tebing-tebing Gua tersebut.

Dari kota Labuan Bajo menuju Kampung Rangko, menghabiskan waktu sekitar 30 menit menaiki kendaraan bermobil maupun bermotor. Akses menuju ke Kampung Rangko sudah beraspal.

Baca juga: Temukan Suasana Tenang di Pantai Klumpang

Untuk bisa menuju lokasi ini, pengunjung harus menyewa transportasi laut seperti kapal milik warga lokal. Waktu tempuh sekitar 15 menit dari Kampung Rangko sampai post office Gua Rangko. Ketika sudah tiba di lokasi, pengunjung akan membayar objek masuk wisata dengan tarif Rp 20.000 untuk lokal, sedangkan untuk warga asing dikenakan biaya masuk Rp 30.000.

Dengan berjalan kaki sekitar 200 meter, pengunjung akan tiba di Gua eksotik ini. Dari sinar pantulan cahaya matahari, pengunjung akan melihat kolam yang bening dan warna khasnya yang biru. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke lokasi ini, selain mereka berenang mereka juga tidak ketinggalan momen untuk berfoto-foto di dalam Gua.

Explore the Beauty of Flores with RRI Bahari Speedboat

Pemandu lokal yang bernama Kahar saat di temui florestoday.com pada Sabtu (24/08/19), mengatakan pengunjung yang paling ramai ialah saat akhir pekan dan terkadang juga di hari biasa, baik itu warga lokal maupun warga asing.

"Dengan adanya objek wisata ini, tentu sangat membantu kami di bidang ekonomi" Katanya

Ayo Jalan-jalan ke Komodo!

Dia juga berharap untuk para pelaku wisata agar terus mempromosikan Gua Rangko untuk menjadi destinasi favorit di Labuan Bajo. Pengunjung diharapkan agar tetap menjaga kebersihan di sekitar lokasi karena sudah ada penyedian tempat sampah.

Setelah wisatawan puas nikmati keindahan Gua Rangko, wisatawan juga bisa bersantai sambil menikmati kopi sambil merasakan sensasi matahari terbenam (sunset) di Dermaga Kayu Gua Rangko.

Reporter :  Yono

Editor : Sabrina

Rate this item
(1 Vote)

Tentang Kami

Sejak tahun 2015 dengan Motto "Explore The Beauty Of Flores" www.florestoday.com berdiri dan berpartisipasi sebagai sarana penyebar informasi, penjalin persatuan bangsa, merawat demokrasi untuk mendukung pembangunan yang dilaksanakan  oleh pemerintah bersama seluruh warga negara.

Kemajuan dan kesejahteraan akan semakin mudah kita capai jika kerjasama diantara kita dapat terjalin dengan baik.

Kontak Info

Jl. Reklamasi No 8 Kampung Ujung, Labuan Bajo, 

Kec. Komodo, Labuan Bajo,
Manggarai Barat, NTT – Indonesia.
Telp: +6238541736,

Mobile/Whatsapp: 0811922368

Email: redaksi@florestoday.com

Photo Gallery