Mengintip Mutiara Tersembunyi di Desa Wontong Featured

Mengintip Mutiara Tersembunyi di Desa Wontong florestoday.com/Yono

florestoday.com, Labuan Bajo - Banyak sekali potensi wisata yang ada di Labuan Bajo yang siap memanjakan mata, baik itu wisata pegunungan maupun wisata pantai yang indah.

Namun selain itu juga ada wisata alam yang tidak kalah uniknya lagi yaitu Gua Empo Sanga. Gua ini terletak di kampung Rego, Desa Wontong, Kecematan Macang Pacar, Kabupaten Manggarai Barat (MABAR), Nusa Tenggara Timur (NTT). Jarak dari Labuan Bajo ke Desa Wontong cukup jauh, sekitar 80 KM.

Ayo Jalan-jalan ke Komodo

Untuk rute perjalanan menuju ke Desa Wontong , yakni dari Labuan Bajo menuju Pertigaan Nggorang, lalu melewati Terang dan Compang, sesampainya di pertigaan Noa lalu belok ke kiri menuju Rego atau Desa Wontong.

Medan jalan yang cukup ekstrem yakni naik turun pegunungan, tidak akan membuat Anda merasa lelah karena selama dalam perjalanan Anda akan melihat begitu banyak objek wisata lainnya yang masih tersembunyi dan panorama alam di sekitar yang masih alami .

Baca Juga: Tempat Wisata di Labuan Bajo ini Bikin merinding

Di Gua ini, Anda akan melihat batuan stalaklatif dan stalakmit dan batuan-batuan karang yang masih menempel penuh dengan keindahan. Anda juga dapat melakukan trekking ke atas puncak Gua untuk melihat pemandangan sawah laba-laba, dan panorama kebun-kebun warga setempat. Udara yang alami penuh segar dan sejuk.

Ketika Anda berada di Desa Wontong untuk menuju ke gua Anda akan ditemani oleh warga lokal. Gua Empo Sanga ini belum ada post resminya, jadi tidak ada biaya untuk masuk objek wisata ini. 

Explore the Beauty of Flores with RRI Bahari Speedboat

Dari kampung menuju ke Gua jaraknya sekitar 1 KM dengan berjalan kaki, ada baiknya sebelum ke tempat ini, Anda bawa air botol mineral dan bersepatu jika ingin trekking ke atas puncak Gua, karena melewati batuan-batuan karang. 

Dalam perjalanan Anda akan melihat kebun kopi, mente, kemiri dan sawah yang menyejukkan mata. Rasa lelah dan letih selama dalam perjalananakan terobati dengan keindahan alam yang mendamaikan. Dari pintu masuk Gua, Anda akan melihat begitu banyak stalaktif dan stalakmit yang sangat begitu indah, juga model batuan-batuan dalam gua ini sangat unik dan tidak ada duanya.

 Baca juga: 5 Fakta Unik Pulau Komodo

Untuk melengkapi kunjungan di Gua ini, Anda bisa berswafoto dengan latar belakang stalaktif dan stalakmit. Setelah puas menikmati keindahan di dalam Gua, Anda bisa melakukan trekking ke puncak Gua. Dari atas puncak, Anda akan terbius dengan view sawah laba-laba dan panorama alam di sekitarnya yang sangat menakjubkan.

Jurnalis Florestoday pada Jumat (07/09/2019), saat berkunjung ke Gua ini dipandu oleh warga lokal setempat yang bernama Albinus, dia mengatakan agar Gua ini tetap eksis kedepannya dan semua tamu-tamu, baik tamu lokal maupun tamu asing dipersilahkan berkunjung ke Gua ini, dan menjadikan Gua ini sebagai destinasi wisata favorit saat berkunjung ke Labuan Bajo.

Explore the Beauty of Flores with White Pearl Phinisi 

"Mudah-mudahan pemerintah untuk membuka mata untuk memberi akses dan fasilitas dari kampung Wontong sampai di Gua ini" katanya.

Dia juga mengaharapkan agar pengunjung selalu menjaga kebersihan di sekitar lokasi dan bantu untuk terus mempromosi Gua ini.

Reporter: Yono
Editor: Sabrina

Rate this item
(1 Vote)

Tentang Kami

Sejak tahun 2015 dengan Motto "Explore The Beauty Of Flores" www.florestoday.com berdiri dan berpartisipasi sebagai sarana penyebar informasi, penjalin persatuan bangsa, merawat demokrasi untuk mendukung pembangunan yang dilaksanakan  oleh pemerintah bersama seluruh warga negara.

Kemajuan dan kesejahteraan akan semakin mudah kita capai jika kerjasama diantara kita dapat terjalin dengan baik.

Kontak Info

Jl. Reklamasi No 8 Kampung Ujung, Labuan Bajo, 

Kec. Komodo, Labuan Bajo,
Manggarai Barat, NTT – Indonesia.
Telp: +6238541736,

Mobile/Whatsapp: 0811922368

Email: redaksi@florestoday.com

Photo Gallery