Ahli Waris Tolak Tawaran Dari BTNK Labuan Bajo Featured

Ahli Waris Tolak Tawaran Dari BTNK Labuan Bajo florestoday.com/Benny Gabus

florestoday.com, Labuan Bajo - Usaha pendekatan TNK dengan mengutus Vinsen Latif tidak mendapat hasil. Masih belum puas, akhirnya upaya pendekatan masih terus dilakukan yakni dengan menghadirkan sejumlah tokoh penting dan tokoh adat.

Pada tanggal 19 April tahun 2002, Pukul 20.30 Wita, Bupati Manggarai, Camat kecamatan Komodo dan Kepala TNK, mengadakan Pendekatan adat istidat dan budaya di rumah ahli waris.  Ketiga sesepuh tersebut sebagai Tua adat mengutus Anton Hantam selaku “Tongka“ (juru bicara adat) ditemani oleh Ramang Ishaka dan Oman dari pihak Taman Nasional Komodo (TNK).

Ayo Jalan-jalan ke Komodo

Materi Pertemuan saat itu adalah pihak Tongka selaku pembawa suara 3 (tiga) sesepu bertemu ahli waris dengan tujuan, mengakui sebagian aset TNK di Pulau Rinca yakni kuda–kuda dan tanah adalah Milik Almarhum Yoseph Rumpa, dan pengakuan tersebut saat itu ditandai (bukti) dengan tuak 1 botol bir dan uang Rp.20.000 (dua puluh ribu rupiah).

Pihak TNK meminta mohon keterbukaan isi hati dari pihak ahli waris almarhum Yoseph Rumpa. Pihak ahli waris saat itu mengaku, menerima baik dan penuh hormat atas pengakuan resmi dari Bupati Manggarai, Camat kecamatan Komodo dan Kepala TNK yang disuarakan oleh Anton Hantam selaku “Tongka” (pembicara). Selain itu, pihak Stefanus Syukur ahli waris alm. Yoseph Rumpa mengaku, kalau dirinya sebagai perpanjangan tangan dari saudara-saudaranya yang lain.

Baca Juga: TNK Labuan Bajo Terus Lakukan Pendekatan Dengan Ahli Waris

Stefanus Syukur selaku ahli waris adalah sebagai tembok penahan dari ahli waris lainnya yang berkeinginan untuk mengambil alih warisan bapak Mereka. Stef Syukur harus berlaku arif dan bijaksana di antara saudara–saudaranya yang juga adalah bagian dari ahli waris Alm. Yoseph Rumpa. Tentu pihak saudara–saudaranya juga mengaku kalau saudara Stefanus Syukur sebagai peran, membuat menulis surat ke kementerian kehutanan pusat dan selalu mengadakan pendekatan baik TNK mapun Pemerintah pusat.  Pihak ahli waris juga meminta mohon keterbukaan dari pihak TNK, jika memang sudah mendapat pentujuk dari pusat untuk diselesaikan oleh TNK Labuan bajo.

Explore the Beauty of Flores with White Pearl Phinisi

Stefanus Syukur menilai bahwa bentuk pengakuan kuat dari TNK terhadap kuda–kuda milik Alm. Yoseph Rumpa di kampung Rinca, Desa Pasir Panjang, Kecamatan Komodo, dimana pada tanggal 22 Apil 2002, ahli waris didatangi lagi oleh bapak Anton Hantam selaku Tongka, Ramang Ishaka dan Oman sebagai utusan 3 (tiga) sesepuh sebagai lanjutan pembicaraan secara adat istiadat pada tanggal 19 April 2002.

"Materi pertemuan yakni, pihak Tongka menyampaikan keterbukaan hati dengan menyampaikan kesanggupannya untuk membayar kuda–kuda milik Alm. Yoseph Rumpa senilai kesanggupan pertama adalah Rp. 5.000.000 (lima juta rupiah), dan dalam beberapa menit kemudian, pihak Tongka sampaikan lagi penambahan menjadi Rp 7.500.000 (tujuh juta lima ratus ribu rupiah)" kata Stefanus saat ditemui florestoday.com beberapa waktu lalu di Labuan Bajo.

Lets Go to Labuan Bajo!

Jawaban pihak ahli waris saat itu yakni menyatakan kekecewaan karena nilai pembayaran yang ditawarkan tersebut (tongka TNK) sangat tidak sesuai dengan nilai harta milik beliau yang ada di pulau Rinca, desa Pasir Panjang, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai. Hal lain jawaban ahli waris saat itu mengatakan, sebaiknya urusan ini menanti jawaban dari pusat. Jadi, tawaran ini belum bisa diterima oleh ahli waris.

Reporter: Benny
Editor: Sabrina

Rate this item
(1 Vote)

Tentang Kami

Sejak tahun 2015 dengan Motto "Explore The Beauty Of Flores" www.florestoday.com berdiri dan berpartisipasi sebagai sarana penyebar informasi, penjalin persatuan bangsa, merawat demokrasi untuk mendukung pembangunan yang dilaksanakan  oleh pemerintah bersama seluruh warga negara.

Kemajuan dan kesejahteraan akan semakin mudah kita capai jika kerjasama diantara kita dapat terjalin dengan baik.

Kontak Info

Jl. Reklamasi No 8 Kampung Ujung, Labuan Bajo, 

Kec. Komodo, Labuan Bajo,
Manggarai Barat, NTT – Indonesia.
Telp: +6238541736,

Mobile/Whatsapp: 0811922368

Email: redaksi@florestoday.com

Photo Gallery