Di Borong, Pengendara Sepeda Motor Masih Banyak Tak Pakai Helm

05 Oct 2016
205 times
Khaerudin, Kanit Lantas Polsek Borong Khaerudin, Kanit Lantas Polsek Borong

Borong, Flores Today - Para pengendara sepeda motor yang melintasi kota Borong, ibu kota kabupaten Manggarai Timur (Matim)-Flores, Nusa Tenggara Timur masih banyak ditemukan tidak menggunakan helm.

Padahal helm merupakan benda yang sangat berguna untuk melindungi kepala saat mengendarai sepeda motor. Namun masih banyak masyarakat di kota ujung timur Manggarai itu yang menyepelekannya.

Hal tersebut diakui Khaerudin, Kepala Unit (Kanit) Lantas Kepolisian Sektor (Polsek) Borong kepada sejumlah awak media di ruang kerjanya, Kamis (15/9).

Menurutnya, masih banyak masyarakat di wilayah itu yang kurang sadar akan pentingnya menggunakan helm saat berkendara.

“Banyak kasus kecelakaan sepeda motor, termasuk di Matim selama ini, tewas akibat pengendaranya tidak pakai helm. Sehingga kami selalu dan terus ingatkan kepada pengendara, untuk wajib pakai helm saat berkendara,” kata Khaerudin.

Selain tidak memakai helm, kata dia, pelanggaran lain yang sering ditemukan polisi lalulintas di Polsek Borong selama ini ialah masih banyak pengendara sepeda motor yang belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Itu terutama SIM C bagi pengendara kendaraan bermotor roda dua yang dirancang untuk kecepatan lebih dari 40 km/jam.

Untuk meminimalisasi pelanggaran oleh para pengendara, ucap Khaerudin, pihaknya sedang gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk memakai helm. Polisi tak bosan-bosan berdiri di pinggir jalan di pagi hari saat intensitas lalulintas kota Borong meningkat, mengingatkan masyarakat untuk terus memakai helm saat berkendara.

Selain itu, polisi juga mengambil cara lain dalam berkampanye tertib berlalulintas yaitu dengan memasang spanduk sebagai media sosialisasi. Di spanduk mereka menulis tentang pentingnya memakai helm saat berkendara.

“Upaya ini tentu untuk menekan angka kecelakaan dan menjunjung tinggi ketertiban berlalulintas khususnya di wilayah kota Borong dan sekitarnya,” jelas Khaerudin.

Dia menambahkan, pentingnya menggunakan helm saat mengendarai sepeda motor, tidak saja karena aturan belaka dan takut ditilang polisi. Namun lebih dari itu, yaitu, menjaga keselamatan bagi pengendara saat terjadi kecelakaan.

Khaerudin mengaku, selama ini polisi lalulintas di Polsek Borong selalu mengedepankan aspek pembinaan saat menemukan pelanggaran. Polisi juga mengambil tindakan hukum jika pengendara masih belum menaati peraturan lalulintas.

“Tanpa bermaksud mengabaikan penegakan hukum dalam hal berlalulintas. Tapi selama ini yang sudah kita lakukan adalah bagi yang tidak pakai helm, kita tegur dan beri pembinaan. Sehingga terbangun kesadaran dalam hal berkendaraan. Namun kalau masih terus bandel, kita tilang dan proses sesuai dengan hukum yang berlaku,” katanya.

Dikatakan, sasaran polisi juga dalam melakukan sosialisasi tata tertib lalu lintas adalah tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Taman Kanak-kanak (TK). Mereka wajib dilatih sejak dini agar menumbuhkan kesadaran berlalulintas. (Ardy)

Rate this item
(0 votes)

NewsLine is a full functional magazine news for Entertainment, Sports, Food website. Here you can get the latest news from the whole world quickly.

Kontak Info

Flores Today

Jl. Reklamasi No 8 Kampung Ujung, Labuan Bajo,
Kec. Komodo, Labuan Bajo,
Manggarai Barat, NTT – Indonesia.
Telp: +6238541736
Email: admin@florestoday.com / florestodaynews@gmail.com

Photo Gallery