BPJS Harus Bisa Layani Buruh dan Fakir Miskin

06 Oct 2016
191 times
Ilustrasi BPJS Ilustrasi BPJS

Labuan Bajo, Flores Today - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) diharapkan tidak hanya melayani orang yang mampu, tetapi juga melayani masyarakat kecil, para buruh, yatim piatu dan juga fakir miskin.

Demikian disampaikan Bupati Manggarai Barat, Agustinus Ch Dula, saat membuka kegiatan Dialog Publik tentang Penyempurnaan Hasil Survei BPJS di Kabupaten Manggarai Barat, di Hotel Eksotik, Labuan Bajo, Rabu (28/9).

Pada kesempatan itu, Bupati Dula Mengatakan, masalah kesehatan masyarakat sangat penting untuk diatasi bersama. Karena itu, dirinya memberi  apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan dialog publik tentang Penyempurnaan Hasil Survei BPJS di Manggarai Barat.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang maha penting, karena  membicarakan orang kecil, orang terlantar dan fakir miskin lainnya. Mungkin kita hanya melihat bahwa para fakir miskin itu hanya di panti asuhan, tetapi sebenarnya banyak sekali di indonesia,”katanya.

Dan,salah satu upaya memutuskan matarantai persoalan kesehatan masyarakat itu, kata dia, adalah dengan BPJS. Kemudian dengan program-program lainnya yang masuk dalam APBN dan APBD. Misalnya, program bangun air bersih, rumah sakit dan program lainnya.

Menurutnya, memang ada beberapa kendala terkait pelayanan BPJS, yang tidak terlayani. Apakah ini mungkin karena dipengaruh oleh pelayanan BPJs atau orang yang mau mengurus BPJS itu sendiri yang tidak paham.

“Mestinya juga urus kesehatan ini menjadi perhatian masyarakat, bukan saja urusan pemerintah dan BPJS saja. Dan, BPJS pusat harus disinergikan dengn daerah,”ujar Dula.

Sementara itu, Togap Simangunsong, Asisten Deputi Jaminan Sosial Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI pada kesempatan yang sama mengatakan, partisipasi Pemda sangat penting dalam mengatasi masalah kesehatan masyarakat.

Oleh sebab itu, lanjut Togap, ada  memang dana APBN. Tetapi, kerja ini memang harus gotong royong antara pusat dan daerah. Menurut data, sebanyak 30 persen BPJS hanya membiaya pasien yang terkena penyakit karena rokok.

“Berdasarkan hasil survey terkait pelayanan BPJS, 80 persen menyatakan puas. Jadi sangat mengharapkan adanya gotong royong pemerintah pusat dan daerah dalam mengatasi masalah kesehatan masyarakat. BPJS sebenarnya ada dua yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan,”katanya.

Selanjutnya, Direktur Lembaga Advokasi dan Penelitian (LAP) Timoris, Hipo Mawar menjelaskan, dari hasil survey yang dilakukan lembaganya bekerjasama dengan FES menunjukan 70 persen tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan BPJS di Manggarai Barat.

Dari hasil dialog publik tentang penyempurnaan hasil survei BPJS ini, nantinya akan menjadi refrensi untuk melakukan  sosialisasi kepada masyarakat Kabupaten Manggarai Barat.

“Survei tentang BPJS di Manggarai Barat ini dilakukan selama satu bulan,  yang dilakukan lembaga LAP Timoris bekerjasama dengan FES. Hasilnya, akan menjadi  refrensi stragtegis untuk sosialisasi kepada masyarakat,”terang Hipol.(Dus)

Rate this item
(0 votes)

NewsLine is a full functional magazine news for Entertainment, Sports, Food website. Here you can get the latest news from the whole world quickly.

Kontak Info

Flores Today

Jl. Reklamasi No 8 Kampung Ujung, Labuan Bajo,
Kec. Komodo, Labuan Bajo,
Manggarai Barat, NTT – Indonesia.
Telp: +6238541736
Email: admin@florestoday.com / florestodaynews@gmail.com

Photo Gallery