Budaya

FLORESTODAY.COM, Labuan Bajo - Tari Caci adalah kesenian tradisional khas dari masyarakat Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Tarian ini merupakan tarian yang dimainkan oleh dua penari laki-laki yang menari dan saling bertarung dengan menggunakan cambuk dan perisai sebagai senjatanya.

FLORESTODAY.COM, Labuan Bajo - Terdapat lima pusaran filosofi kehidupan orang Manggarai yang berpaut dengan compang, yakni mbaru bate ka’eng (rumah tempat tinggal), uma bate duat (kebun tempat bekerja dan menghasilkan panenan), natas bate labar (lapangan bermain), wae bate teku (sumber air untuk ditimba) dan compang mbate takung (tempat persembahan).

FLORESTODAY.COM, Sleman - Ikatan Mahasiswa Manggarai Raya (IKAMAYA) Jogja melakukan pagelaran budaya Manggarai, Nusa Tenggara Timur di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Jawa Tengah.

FLORESTODAY.COM, Labuan Bajo - Merayakaan Hari Sumpah Pemuda 28 oktober, pemerintah Kabupaten Manggarai Barat menggelar upacara di Lapangan Kantor Bupati Manggarai Barat pada Senin (28/10/2019).

florestoday.com, Labuan Bajo - Kesenian Nusantara, NTT, Tarian Tradisional. Kesenian satu ini merupakan suatu permainan uji ketangkasan dalam bela diri yang dipadukan dengan suatu gerak tari. Namanya adalah Tari Caci.

Florestoday.com, Labuan Bajo - Tunjukkan Indonesia mu adalah rangkaian kegiatan Indonesia is Me yang digelar setiap tahunnya untuk ikut mensyukuri Kemerdekaan Republik Indonesia.

florestoday.com, Labuan Bajo - Festival FLORATA yang menghadirkan kekayaan seni budaya 9 kabupaten di wilayah Flores dan Lembata ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan.

Florestoday.com, Labuan Bajo - Flores ada sebuah pulau, yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur. Salah satu yang unik di sana adalah sejenis minuman keras yang nikmat.

FLORESTODAY.COM, Bali - Bentuknya kerucut, mirip rumah Honai di Papua atau mirip juga rumah adat di Tanjania, Afrika. Atapnya yang ditutupi daun lontar hampir menyentuh tanah, dengan ketinggian hampir 15 m. Itulah keunikan rumah adat Mbaru Niang di kampung Wae Rebo, Gunung Pocoroko, Kabupaten Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur - Indonesia. Rumah adat yang berdiameter 15 m dan memiliki 5 lantai ini memang sudah langka dan tinggal hanya beberapa unit saja. Rumah ini biasanya dihuni 6 sampai 8 keluarga. Tetapi yang mengherankan, yang pertama kali menemukan rumah adat ini orang luar, antropolog asal Belanda, Catherine Allerton yang mencari Wae Rebo untuk penelitian.

Tentang Kami

Sejak tahun 2015 dengan Motto "Explore The Beauty Of Flores" www.florestoday.com berdiri dan berpartisipasi sebagai sarana penyebar informasi, penjalin persatuan bangsa, merawat demokrasi untuk mendukung pembangunan yang dilaksanakan  oleh pemerintah bersama seluruh warga negara.

Kemajuan dan kesejahteraan akan semakin mudah kita capai jika kerjasama diantara kita dapat terjalin dengan baik.

 

Anggota Media Online Indonesia

Kontak Info

Jl. Reklamasi No 8 Kampung Ujung, Labuan Bajo, 

Kec. Komodo, Labuan Bajo,
Manggarai Barat, NTT – Indonesia.
Telp: +6238541736,

Mobile/Whatsapp: 0811922368

Email: redaksi@florestoday.com

Photo Gallery