Mengenal Minuman Kekeluargaan Khas Flores Featured

Sopi, Minuman khas Flores Sopi, Minuman khas Flores (Foto. dok. Florestoday.com)

FLORESTODAY.COM, Labuan Bajo - Daerah pariwisata Labuan Bajo memang tidak seperti daerah lainnya di Indonesia. Kawasan yang kini telah masuk dalam destinasi super prioritas ini memang tidak memiliki makanan khas.

Namun, jika kamu berkunjung ke Labuan Bajo, kamu akan menemukan minuman khas pulau Flores yakni Sopi. Minuman keras ini bukan sembarang minuman yang hanya ada saat acara pesta maupun adat saja. Minuman Sopi adalah minuman kekeluagaan.

Ayo! Jalan-jalan ke Komodo!

Baunya yang menyengat, Warnanya bening kekuningan, rasanya keras dan jika tak hati-hati saat meminumnya, akan langsung membuat tenggorokan menjadi panas. Sepintas kemudian, mata pun mulai berkunang.

Sopi telah menjadi salah satu minuman turun temurun khas tanah flores. Arak-arak tersebut telah menjadi salah satu konsumsi utama para lelaki flores. Bukannya mereka tak menyukai minuman keras lain, tapi dalam kultur mereka, sopi dianggap sebagai minuman prestisius atau mewah, dan merupakan bagian dari ukuran martabat kehormatan tradisi adat warisan leluhur.

Proses pembuatan sopi boleh dibilang sederhana. Air hasil sadapan dari mayang enau yang telah diiris, getahnya ditampung dalam sebuah wadah dari bambu. Biasanya, getah ini ditunggu hingga terkumpul dari pagi sampai sore. Ataupun sebaliknya. Lalu, getah-getah ini dimasak dalam periuk tanah. Hasil uapan disalurkan lewat alat sederhana yang terbuat dari bambu. Hasil uap tersebut yang nantinya akan kembali jadi air dan menghasilkan sopi.

 

 

Sopi yang berkualitas sedang biasanya hanya diuapkan satu kali. Sedangkan, sopi yang berkualitas bagus, diuapkan dua kali. Hasil uapan pertama, kemudian diuapkan lagi. Sopi yang diuapkan satu kali, kadar alkohol nya sekitar 30% sedangkan sopi yang diuapkan dua kali kadar alkohol nya lebih tinggi. Masyarakat menyebutnya BM (Bakar Menyala), lantaran bisa terbakar kalo didekatkan pada api.

Sopi sangat mudah ditemui jika kamu berkunjung ke Flores, Nusa Tenggara Timur. Banyak kios-kios yang menjual Sopi di dalam botol berukuran 600 L hingga 1,5 L. Harganya cukup murah, mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 50.000, tergantung kualitas sopi yang ditawarkan. (SAB-02/beritatagar/Red*)

Rate this item
(0 votes)

Tentang Kami

Sejak tahun 2015 dengan Motto "Explore The Beauty Of Flores" www.florestoday.com berdiri dan berpartisipasi sebagai sarana penyebar informasi, penjalin persatuan bangsa, merawat demokrasi untuk mendukung pembangunan yang dilaksanakan  oleh pemerintah bersama seluruh warga negara.

Kemajuan dan kesejahteraan akan semakin mudah kita capai jika kerjasama diantara kita dapat terjalin dengan baik.

 

Anggota Media Online Indonesia

Kontak Info

Jl. Reklamasi No 8 Kampung Ujung, Labuan Bajo, 

Kec. Komodo, Labuan Bajo,
Manggarai Barat, NTT – Indonesia.
Telp: +6238541736,

Mobile/Whatsapp: 0811922368

Email: redaksi@florestoday.com

Photo Gallery