Masyarakat Manggarai Tutup Tahun Lewat Ritual Adat Teing Hang Featured

Ritual sambut tahun baru suku Manggarai, NTT Ritual sambut tahun baru suku Manggarai, NTT Foto: Fitri Gampur/florestoday.com

FLORESTODAY.COM,Labuan Bajo - Setiap menjelang akhir tahun, keluarga di Nusa Tenggara Timur, khususnya di Manggarai Barat, Labuan Bajo memeriahkan penghujung akhir tahun. Banyak keluarga di Labuan Bajo mengadakan adat acara Teing Hang. Seperti anggota keluarga di wilayah kompleks Kejaksaan Lama ini.

Kepada florestoday.com, Kristina selaku salah satu anggota keluarga yang mengadakan adat Teing Hang ini merupakan ritual bentuk kearifan lokal masyarakat NTT. Salah satu bentuk penghormatan kepada leluhur nenek moyang yang sudah tidak ada, dan ritual memberi sesajian kepada nenek moyang untuk mensyukuri tahun yang akan berlalu.

Ayo! Jalan-jalan ke Komodo!

Banyak dari anggota keluarga yang upacara Teing Hangnya ini bervariasi, ada yang dibuat sebelum tanggal 31 Desember, ada yang anggota keluarga yang membuat ritual ini tepat tanggal 31 Desember.

"Upacara Teing Hang atau memberi makan kepada nenek moyang ini, merupakan salah satu bentuk rasa syukur dan mohon berkat di tahun yang baru" ujar Kristina saat diwawancarai florestoday di kediamannya.

Bentuk dari ritual adat Teing Hang ini, ada berbagai bentuk penyampaiannya seperti Torok. Torok ini harus dilakukan oleh orang yang bisa berbicara mengenai adat. Dilengkapi dengan Satu ekor ayam kampung berwarna putih, dan dicabut bulunya selesai mengungkapkan yg disebut sebagai Torok.

Setelah selesai Torok, ayam putih itu akan dibunuh dan darahnya diletakkan di piring. Kemudian ayam yang sudah dibunuh, dibakar dan kemudian dipotong-potong, diambil bagian dalamnya, dan selanjutnya diletakkan ke dalam piring dengan nasi.

"Setelah itu, biarlah nasi dan daging-daging yang telah dipotong, diambil bagian dalamnya dan diberikan kepada arwah dan roh leluhur nenek moyang. Ini merupakan salah satu bentuk penghormatan kepada leluhur dan mensyukuri di tahun yang akan datang nanti" tutup Kristina. (FIT-07/SAB-02

Rate this item
(0 votes)

Tentang Kami

Sejak tahun 2015 dengan Motto "Explore The Beauty Of Flores" www.florestoday.com berdiri dan berpartisipasi sebagai sarana penyebar informasi, penjalin persatuan bangsa, merawat demokrasi untuk mendukung pembangunan yang dilaksanakan  oleh pemerintah bersama seluruh warga negara.

Kemajuan dan kesejahteraan akan semakin mudah kita capai jika kerjasama diantara kita dapat terjalin dengan baik.

 

Anggota Media Online Indonesia

Kontak Info

Jl. Reklamasi No 8 Kampung Ujung, Labuan Bajo, 

Kec. Komodo, Labuan Bajo,
Manggarai Barat, NTT – Indonesia.
Telp: +6238541736,

Mobile/Whatsapp: 0811922368

Email: redaksi@florestoday.com

Photo Gallery