Dinas Perizinan Mabar Dukung Wacana Penghapusan IMB dan AMDAL Featured

Abdurhaman, Kepala Dinas Penaman Modal dan Perizinan terpadu satu pintu Abdurhaman, Kepala Dinas Penaman Modal dan Perizinan terpadu satu pintu Foto: Istimewa

FLORESTODAY.COM, Labuan Bajo - Wacana dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) atau Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang berencana menghapuskan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan juga Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal), disambut baik oleh dinas Perizinan Kab. Manggarai Barat.

Abdurahman, kepala dinas penanaman modal dan perizinan terpadu satu pintu Kab. Manggarai Barat kepada florestoday.com menyampaikan apresiasi jika wacana itu terjadi. Menurutnya, hal itu dimungkinakan untuk menghindari tekanan terhadap investasi.

Ayo Jalan-jalan ke Komodo!

"Saya kira lebih baik jika itu terjadi untuk menghindari perhitungan diluar batas kewajaran. Kalau IMB sekarang orang bisa menghitunganya tidak sesuai bangunan. Kalau bisa memang harus lebih kecil dari yang sekarang", pungkasnya.

 

Obati kerusakan pada mesin kendaraan anda di Surya Jaya Moto Bajo. Menerima antar jemput kendaraan Anda. Info lebih lanjut hubungi: 081338892519, atau datang langsung ke Jalan Trans Flores, Desa Gorontalo, Labuan Bajo, NTT (Depan Pertamina Pasar Baru)

 

Wacana pengahapusan IMB dan AMDAL merupakan strategi kementrian untuk mendorong masuknya investasi.  Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil mengatakan, penghapusan IMB dan Amdal akan dimasukan ke dalam Rencana Detail Tata Ruang (RDTR).

Baca juga: Mencegah Kebocoran PAD, Kabupaten Mabar Berencana Gandeng Icon+

Hal ini dimungkinkan terdapatnya kesamaan substansi yang diatur di dalam kedua dokumen ini. Demikian pula dengan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal).

Dengan telah dikeluarkannya Peraturan Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pengecualian Kewajiban Menyusun Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Untuk Usaha dan/atau Kegiatan yang berlokasi di daerah Kabupaten/Kota yang telah Memiliki rencana detail tata ruang, maka peluang penyederhanaan perizinan melalui penghapusan amdal terbuka lebar. (YER-06)

Rate this item
(2 votes)

Tentang Kami

Sejak tahun 2015 dengan Motto "Explore The Beauty Of Flores" www.florestoday.com berdiri dan berpartisipasi sebagai sarana penyebar informasi, penjalin persatuan bangsa, merawat demokrasi untuk mendukung pembangunan yang dilaksanakan  oleh pemerintah bersama seluruh warga negara.

Kemajuan dan kesejahteraan akan semakin mudah kita capai jika kerjasama diantara kita dapat terjalin dengan baik.

 

Anggota Media Online Indonesia

Kontak Info

Jl. Reklamasi No 8 Kampung Ujung, Labuan Bajo, 

Kec. Komodo, Labuan Bajo,
Manggarai Barat, NTT – Indonesia.
Telp: +6238541736,

Mobile/Whatsapp: 0811922368

Email: redaksi@florestoday.com

Photo Gallery