Pendampingan UMKM, Langkah Strategis Tepat Guna

Ketua Umum Ikatan Ukmbisnis Indonesia Ir Jarot Trisunu bersama pegiat umkm Indonesia / Foto : Istimewa Ketua Umum Ikatan Ukmbisnis Indonesia Ir Jarot Trisunu bersama pegiat umkm Indonesia / Foto : Istimewa

FLORESTODAY.COM, Labuan Bajo - Pemberdayaan UMKM melalui pendampingan merupakan langkah strategis tepat guna dalam memajukan tumbuh kembang UMKM Indonesia secara matang. Munculnya berbagai pesoalan dalam mengelola sebuah usaha hendaknya dijadikan sarana pembelajaran serta menemukan solusi terbaik.

Hal tersebut disampaikan Jarot Trisunu saat dihubungi florestoday.com, Rabu (11/12/2019) melalui pesan singkat. Demikian Ia menjelaskan, tidak satupun UMKM yang tidak mengalami kendala dalam pertumbuhannya. Akan tetapi menurutnya,setiap kendala hendaknya dijadikan tantangan untuk melakukan perbaikan dalam semua aspek manajemen di dalamnya.

Baca Juga : Explore the Beauty of Flores with RRI BAHARI Speed Boat

“Ada cara atau solusi dalam penyelesaian masalah yang bisa dipakai oleh setiap kelompok, seperti meningkatkan kapasitas pendampingan melalui pelatihan UMKM termasuk mendorong pemerintah setempat untuk menyediakan tenaga pendamping yang handal”, Kata Jarot Trisunu.

Menurutnya, hal itu harus dilakukan secara berkesinambungan, mengingat seiring berjalannya waktu semakin ragam pula tingkat kesulitan  serta masalah yang akan dihadapi, terutama pada tataran implementasi di lapangan.

Selain itu lanjut dia, dukungan dari pemerintah sangat dibutuhkan untuk menyediakan program khusus pemberdayaan dengan menyiapkan anggaran khusus untuk memajukannya  baik untuk UMKM itu sendiri, maupun untuk kesejahteraan pendampingnya.

Dia juga menyinggung soal ketersediaan  wadah pelayanan yang maksimal untuk membantu kelompok UMKM agar dapat berkembang lebih baik lagi.

“Sebuah wadah yang lebih dikenal dengan istilah Pusat Layanan UMKM sebagai pusat konsultasi dan pendampingan UMKM, yang terbangun dengan tujuan untuk memfasilitasi UMKM yang mengalami kesulitan dalam memasarkan produknya, juga sebagai pusat peningkatan kapasitas dan pemberdayaan UMKM secara terpadu”, ucap ketua umum Ikatan ukmbisnis Indonesia itu.

Dikatakan Jarot solusi tercepat dalam mengatasi persoalan UMKM saat ini, dengan memaksimalkan tenaga pendamping yang ada serta mencetak tenaga pendamping baru yang handal melalui sistim digital satu atap yanag terintegrasi antar lembaga.(PAH-01)

Rate this item
(1 Vote)

Tentang Kami

Sejak tahun 2015 dengan Motto "Explore The Beauty Of Flores" www.florestoday.com berdiri dan berpartisipasi sebagai sarana penyebar informasi, penjalin persatuan bangsa, merawat demokrasi untuk mendukung pembangunan yang dilaksanakan  oleh pemerintah bersama seluruh warga negara.

Kemajuan dan kesejahteraan akan semakin mudah kita capai jika kerjasama diantara kita dapat terjalin dengan baik.

 

Anggota Media Online Indonesia

Kontak Info

Jl. Reklamasi No 8 Kampung Ujung, Labuan Bajo, 

Kec. Komodo, Labuan Bajo,
Manggarai Barat, NTT – Indonesia.
Telp: +6238541736,

Mobile/Whatsapp: 0811922368

Email: redaksi@florestoday.com

Photo Gallery