Pembangunan Dermaga Niaga, Dongkrak Ekonomi Rakyat Mabar

Rapat terbatas Jumat (17/1/2020) dihadiri oleh Bupati Mabar Agustinus Ch Dula, Kapolres Mabar, AKBP. Handoyo Santoso, Plt. Camat Boleng dan sejumlah Pemuka Ulayat - Foto : FTD Rapat terbatas Jumat (17/1/2020) dihadiri oleh Bupati Mabar Agustinus Ch Dula, Kapolres Mabar, AKBP. Handoyo Santoso, Plt. Camat Boleng dan sejumlah Pemuka Ulayat - Foto : FTD

FLORESTODAY.COM, Labuan Bajo – Pesatnya kemajuan sektor Pariwisata di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) Nusa Tenggara Timur (NTT) tentu sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan Ekonomi dan iklim Investasi di daerah itu. Pembangunan dermaga niaga yang akan mulai dikerjakan oleh PT Pelindo III di lintas utara kota Labuan Bajo, tentu akan berdampak positif terhadap perkembangan Ekonomi bagi masyarakat sekitar dan menjadikan Labuan Bajo sebagai salah satu tujuan para Investor untuk mengembangkan bisnis mereka.

Hal tersebut dipertegas dengan kunjungan Presiden Joko Widodo siang tadi Minggu (19/01/2020) di Labuan Bajo dengan salah satu agenda kerjanya yakni  peletakan batu pertama pembangunan dermaga niaga pada senin (20/1/2020).

Pantauan florestoday.com pada Minggu (19/01/2020) sore, nampak sejumlah alat berat sedang melakukan pembersihan di lokasi tempat dibangunnya dermaga niaga oleh PT Pelindo III itu.

Lokasi Pembangunan Dermaga Niaga di utara Kota Labuan Bajo - Foto : florestoday.com Minggu (19/01/2020)

Terkait itu sejumlah pemuka ulayat yang berhubungan dengan lokasi pembangunan dermaga niaga tersebut menyatakan dukunganya kepada pemerintah setempat. Dukungan itu disampaikan langsung dalam rapat terbatas (Ratas-red) pada Jumaat (17/1/2020) yang dihadiri oleh Bupati Agustinus Ch Dula, Kapolres Mabar, AKBP. Handoyo Santoso, Plt. Camat Boleng dan sejumlah pemuka ulayat dari Nterlaing dan Tebedo.

“Presiden akan mengunjungi kita dan membawa kebaikan untuk Manggarai Barat. Kita bersyukur dengan program dan kesempatan ini”, kata Bupati Gusti.

Dikatakannya, pertemuan yang dilakukan itu untuk menyatukan semua pandangan sebagai bentuk dukungan terhadap proses pembangunan dermaga niaga dalam rangka percepatan ekonomi masyarakat setempat.

Explore the Beauty of Flores with RRI Bahari Speed Boat. Book Now!

Hadir dalam ratas tersebut Pengacara Ulayat Nterlaing, Benediktus  Janu menyampaikan bahwa semua pihak telah sepakat akan mendukung penuh program presiden dalam membangun dermaga niaga tersebut.

”Jadi itu sudah clear and clean, tidak ada soal”, tegas Beny.

Namun, Ia juga meminta pemerintah daerah agar sesegera mungkin menyelesaikan sengketa kepemilikan lahan tempat dibangunnya dermaga Peti Kemas tersebut. Mengingat polemik sengketa kepemilikan ini sudah berlangsung lama.

Sementara itu, Kapolres Manggarai Barat AKBP Handoyo Santoso dalam rapat tersebut meminta semua pihak dan masyarakat Manggarai Barat, lebih khusus kepada tokoh masyarakat dari pihak-pihak yang mengklaim memiliki hak kepemilikan lahan di atas lahan pembangunan dermaga Peti Kemas tersebut untuk ikut menyukseskan kunjungan Presiden Jokowi di lokasi tersebut.

“Kami mengimbau kepada semua warga Manggarai Barat, lebih khusus kepada setiap tokoh adat dan kepala desa yang ada di Kecamatan Boleng untuk ikut mengajak warganya agar turut mendukung kehadiran Pak Presiden di Labuan Bajo dan ikut menyukseskan setiap kegiatan Bapak Jokowi selama berada di Labuan Bajo,” tutup AKBP Handoyo.(PAH-01)*

Rate this item
(1 Vote)

Tentang Kami

Sejak tahun 2015 dengan Motto "Explore The Beauty Of Flores" www.florestoday.com berdiri dan berpartisipasi sebagai sarana penyebar informasi, penjalin persatuan bangsa, merawat demokrasi untuk mendukung pembangunan yang dilaksanakan  oleh pemerintah bersama seluruh warga negara.

Kemajuan dan kesejahteraan akan semakin mudah kita capai jika kerjasama diantara kita dapat terjalin dengan baik.

 

Anggota Media Online Indonesia

Kontak Info

Jl. Reklamasi No 8 Kampung Ujung, Labuan Bajo, 

Kec. Komodo, Labuan Bajo,
Manggarai Barat, NTT – Indonesia.
Telp: +6238541736,

Mobile/Whatsapp: 0811922368

Email: redaksi@florestoday.com

Photo Gallery