Nasib Bandara Komodo Ditentukan Bulan Oktober

florestoday.com, Labuan Bajo - Sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas, Labuan Bajo kini perlahan mulai berbenah. Di mulai dari pintu gerbang masuknya wisatawan, Bandara Komodo Labuan Bajo kini sedang menunggu statusnya sebagai bandara internasional.

"Sangat optimis Manggarai ini akan menjadi ramai, tidak lain karena daya tarik pariwisata di sini. Nah, untuk hal tersebut kita di kementerian perhubungan pimpinan pusat, melihat perkembangan dari kesibukan di Bandara Komodo Labuan Bajo ini, dengan mengelola bandara dengan lebih profesional lagi" Ucap Kepala Bandara I Ketut Gunarsa saat ditemui wartawan florestoday.com, Senin (15/7).

Saat ini bandara Komodo Labuan Bajo akan di-KPBU-kan atau 'Kerjasama pemerintah dengan Badan Usaha' yang saat ini masih sedang dalam proses pelelangan, diikuti beberapa investor yang akhirnya ada lima investor yang lolos. Kemudian yang akan dilakukan ialah penawaran lebih lanjut, jika tidak ada halangan, di bulan Oktober nanti sudah ada investor mana yang menjadi pemenang.

Tugas investor yang menang nantinya ialah akan mengelola Bandara Komodo Labuan Bajo lebih profesional dan mempunyai tanggung jawab kedepannya serta mempunyai kewajiban untuk mengembangkan Bandara Komodo Labuan Bajo ini menjadi bandara yang sesuai dengan bussines plan investor.

"Semua nanti sesuai dengan rencana mereka (investor), entah mereka akan menawarkan penerbangan lansung dari luar negeri, nah itu mereka punya master plan sendiri. Tapi dari Kementerian, setelah kunjungan presiden kemarin kita diwajibkan untuk menyiapkan lahan pemerintah sampai 2450 M sesuai master plan kita." tambahnya.

I Ketut Gunarsa mengatakan, jika lahannya sudah siap, investor pemenang akan dengan cepat membangun kebutuhan master plan yang belum direalisasikan sekarang ini. Skema KPBU ini ialah untuk mempercepat pencapaian dari teralisasinya master plan, karena jika hanya mengandalkan APBN, maka harus melalui beberapa tahapan dikarenakan APBN menangani seluruh Bandara di Indonesia.

"Jika menggunakan Skema KPBU yang sekarang ini, dana berapa yang dibutuhkan, sudah tersedia. Hal tersebutlah yang menjadi keberpihakan pemerintahan dalam hal ini kementerian perhubungan untuk percepatan pencapaian dari target dukungan percepatan dunia usaha di Labuan bajo." Ucap I Ketut Gunarsa

Reporter: Benny
Editor: Sabrina

Rate this item
(1 Vote)

Tentang Kami

Sejak tahun 2015 dengan Motto "Explore The Beauty Of Flores" www.florestoday.com berdiri dan berpartisipasi sebagai sarana penyebar informasi, penjalin persatuan bangsa, merawat demokrasi untuk mendukung pembangunan yang dilaksanakan  oleh pemerintah bersama seluruh warga negara.

Kemajuan dan kesejahteraan akan semakin mudah kita capai jika kerjasama diantara kita dapat terjalin dengan baik.

 

Anggota Media Online Indonesia

Kontak Info

Jl. Reklamasi No 8 Kampung Ujung, Labuan Bajo, 

Kec. Komodo, Labuan Bajo,
Manggarai Barat, NTT – Indonesia.
Telp: +6238541736,

Mobile/Whatsapp: 0811922368

Email: redaksi@florestoday.com

Photo Gallery