Pulau Messah Nikmati Listrik PLTS

07 Oct 2019

FLORESTODAY.COM, Labuan Bajo - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno meresmikan lima Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Komunal di Pulau Messa, Desa Pasir Putih, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (06/10/2019) Siang.

 Explore the Beauty of Flores with RRI Bahari Speed Boat
Dalam peresmian ini Menteri Rini didampingi oleh Pelaksana Tugas Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani, Direktur Regional JBTBN (Jawa Bagian Timur Bali dan Nusa Tenggara-red) Supangkat Iwan, Komisaris Utama PLN Ilya Avianti , Bupati Manggarai Barat (Mabar) Agustinus Ch Dulla Sekda Provinsi NTT Ben Polo Maing dan Jajaran Management BUMN lainnya.

Dari lima PLTS yang diresmikan, tiga diantaranya berlokasi di Kabupaten Manggarai Barat yakni Desa Pasir Putih, Desa Seraya Maranu, dan Desa Batu Tiga. Adapun dua PLTS lainnya terdapat di Desa Nuca Molas, Kabupaten Manggarai, dan Desa Usulanu, Kabupaten Rote Ndao. Dengan adanya lima PLTS ini dapat memfasilitasi kebutuhan listrik untuk 1.114 pelanggan baru dan prosentasi Energi Baru dan Terbarukan di NTT menjadi sebesar 13,91 %.

Dalam sambutannya, Menteri Rini menyampaikan pentingnya listrik bagi kemajuan kehidupan masyarakat terutama dibidang ekonomi, sosial, pendidikan dan pembangunan daerah.

“Saya bangga, PLN membangun 11 PLTS di NTT, dan 5 sudah beroperasi dan listriknya sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Saya terus mendorong dan memastikan yang tersisa 6 PLTS bisa selesai dibangun dan bisa membantu masyarakat. Terima kasih juga kepada Pemda NTT dan semua pihak yang sudah mendukung pembangunan PLTS. Pesan saya ini terus dijaga “ imbuh Menteri Rini.


Jalan-jalan Dengan Phinisi di Labuan Bajo, dan Jelajahi keindahan Flores. Info Lebih Lanjut klik di Sini
Peresmian 5 PLTS ini adalah salah satu wujud nyata BUMN hadir untuk negeri, dimana PLN turut mengambil bagian dalam mendukung peningkatan infrastruktur kelistrikan di daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar).

Senada dengan itu, , Pelaksana Tugas  Dirut PT. PLN (Persero) Sripeni Inten Cahyani menyampaikan, akan terus berupaya untuk meningkatkan rasio elektrifikasi (RE) terutama daerah-daerah yang sulit dijangkau, salah satunya yakni peningkatan Rasio Elektrifikasi di Nusa Tenggara Timur. Hal ini dilakukan guna mendorong perekonomian dan kehidupan sosial diwilayah tersebut.

"PLN akan terus membangun dan menghadirkan infrastruktur kelistrikan di pelosok-pelosok Negeri, untuk membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat.
Dengan adanya listrik kami yakin ekonomi akan menggeliat, waktu belajar anak-anak semakin bertambah sekaligus menarik investor" tutup Inten.(PAH-01)

Rate this item
(1 Vote)

Tentang Kami

Sejak tahun 2015 dengan Motto "Explore The Beauty Of Flores" www.florestoday.com berdiri dan berpartisipasi sebagai sarana penyebar informasi, penjalin persatuan bangsa, merawat demokrasi untuk mendukung pembangunan yang dilaksanakan  oleh pemerintah bersama seluruh warga negara.

Kemajuan dan kesejahteraan akan semakin mudah kita capai jika kerjasama diantara kita dapat terjalin dengan baik.

 

Anggota Media Online Indonesia

Kontak Info

Jl. Reklamasi No 8 Kampung Ujung, Labuan Bajo, 

Kec. Komodo, Labuan Bajo,
Manggarai Barat, NTT – Indonesia.
Telp: +6238541736,

Mobile/Whatsapp: 0811922368

Email: redaksi@florestoday.com

Photo Gallery