PLN NTT Targetkan Rasio Elektrifikasi 90 persen di 2019 Featured

29 Oct 2019
176 times
PLN NTT Targetkan Rasio Elektrifikasi 90 persen di 2019 Foto: Istimewa

FLORESTODAY.COM, Labuan Bajo - Rasio Elektrifikasi hasil verifikasi Universitas Nusa Cendana bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) dan PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah NTT meningkat menjadi 82,97% per bulan Agustus 2019 dan 83,68% per September 2019.

Ayo Jalan-jalan ke Komodo! Pesan Sekarang!

Dalam pemaparannya Rektor Undana Prof. Ir. Fredrik. L. Benu, M.si. Ph.D menyebutkan, sektor kelistrikan memegang peran penting dalam pembangunan suatu negara.

 

 

"Dengan memverifikasi data RE ini akan membantu perencanaan pembangunan masyarakat dimana Podes (potensi desa) adalah patokan bahwa 532 Desa sudah diverifikasi di 21 Kabupaten di NTT", ungkap Rektor pada Senin (28/10/2019) di Kupang.

 

 

 

Kebijakan penyediaan tenaga listrik, penyelenggaraannya dilakukan oleh pemerintah dan pemerintah daerah sesuai dengan kewenangannya yakni menetapkan kebijakan, pengaturan, pengawasan, dan melakasanakan usaha penyediaan tenaga listrik. Pemerintah dan pemerintah Daerah bertanggungjawab untuk pembangunan sarana penyedia tenaga listrik di daerah yang belum berkembang, di daerah terpencil dan perbatasan, pedesaan dan di pulau-pulau terluar melalui implementasi nyata, sehingga seluruh lapisan masyarakat mendapat akses listrik.

 

Obati kerusakan pada mesin kendaraan anda di Surya Jaya Moto Bajo. Menerima antar jemput kendaraan Anda. Info lebih lanjut hubungi: 081338892519, atau datang langsung ke Jalan Trans Flores, Desa Gorontalo, Labuan Bajo, NTT (Depan Pertamina Pasar Baru)

 

"Kami turun langsung bukan hanya ke desa bahkan sampai ke dusun diskusi dengan lurah untuk mengumpulkan data dan analisis data direkonstruksi RE NTT, jadi perhitungannya jumlah KK berlistrik PLN dan Non PLN (dalam arti kk menyalur, kk menumpang dan yang sumber listrik dari sehen/ solarcell/ dan genset)", tambah Rektor

Senada dengan hal tersebut, General Manager PLN UIW NTT Ignatius Rendroyoko menyampaikan, bahwa PLN NTT kejar rasio elektrifikasi 90 persen di akhir 2019.

"Kita menyaksikan pemaparan survey rasio elektrifikasi, dimana target kami adalah 90% di akhir tahun 2019, jadi mohon seluruh stakeholder, mari kita bekerja sama membangun elektrifikasi di NTT untuk bisa tercapai" ucap GM Rendroyoko

 

 

Sementara itu, Kepala BPS NTT Darwis Sitorus S.Si, M.Si mengatakan akses listrik di kota 99,78 sudah terlistriki.

"Sedangkan di daerah hasil survey Undana tidak beda jauh dengan hasil Susenas (Survey Sosial dan Ekonomi Nasional) yaitu sekitar 82%, pencapaian akses ini dengan adanya tantangan medan dan diukurnya yaitu, RE = (Jumlah Rumah Tangga Berlistrik /Total Rumah Tangga) x 100%." ucapnya (Red/SAB-02)

Rate this item
(0 votes)

Tentang Kami

Sejak tahun 2015 dengan Motto "Explore The Beauty Of Flores" www.florestoday.com berdiri dan berpartisipasi sebagai sarana penyebar informasi, penjalin persatuan bangsa, merawat demokrasi untuk mendukung pembangunan yang dilaksanakan  oleh pemerintah bersama seluruh warga negara.

Kemajuan dan kesejahteraan akan semakin mudah kita capai jika kerjasama diantara kita dapat terjalin dengan baik.

 

Anggota Media Online Indonesia

Kontak Info

Jl. Reklamasi No 8 Kampung Ujung, Labuan Bajo, 

Kec. Komodo, Labuan Bajo,
Manggarai Barat, NTT – Indonesia.
Telp: +6238541736,

Mobile/Whatsapp: 0811922368

Email: redaksi@florestoday.com

Photo Gallery