Kunker Komisaris dan Direktur PLN Pastikan Potensi Kelistrikan EBT di NTT Featured

Kunker Komisaris dan Direktur PLN Pastikan Potensi Kelistrikan EBT di NTT Foto: Istimewa

FLORESTODAY.COM, Labuan Bajo - Kunjungan Kerja PLT Komisaris Utama PT PLN (Persero) Ilya Avianti bersama Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur Bali dan Nusa Tenggara Supangkat Iwan S. memastikan NTT terus memanfaatkan potensi Energi Baru Terbarukan (EBT). Iliya Avianti menitipkan pembangunan PLTB Timor kepada Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Selatan untuk mendukung pembangunan saat melakukan kunjungan kerja di Kupang, 28-29 November 2019.

Kunjungan kerja yang dilakukan dalam dua hari tersebut, selain melakukan site visit ke salah satu lokasi rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Timor yang berlokasi di Desa Oelbubuk, Kec. Mollo Tengah, Kab. Timor Tengah Selatan.

Ayo Jalan-jalan ke Komodo!

Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) sesuai RUPTL 2019-2028 akan dibangun di Sistem Timor sebesar 20 MW dengan sumber dana IPP, direncanakan akan beroperasi pada tahun 2022 sebesar 10 MW dan tahun 2023 sebesar 10 MW. PLTB Oelbubuk diharapkan akan memberikan manfaat kepada performa kapasitas sistem kelistrikan Timor sekaligus memberikan dampak sosial dan ekonomi yang positif pada kabupaten TTS.

Tujuan dari pembangunan PLTB Timor selain meningkatkan kapasitas sistem dan bauran energi sistem Timor, juga mereduksi penggunaan bahan bakar minyak yang ada di sistem Timor dan mengurangi susut energi pada Jaringan Transmisi karena pada saat ini kebanyakan pusat-pusat pembangkit yang berada di bagian barat.

Senada dengan hal tersebut, Direktur Supangkat Iwan juga menyebutkan bahwasannya PLN berharap dengan adanya PLTB ini bisa membantu menurunkan BPP dengan seminimal mungkin kita menggunakan diesel.

Explore the Beauty of Flores with RRI Bahari Speed Boat

Para dewan Komisaris dan direksi juga berharap agar daya output PLTB ini bisa dijaga konstan, agar sesuai dengan kebutuhan beban dan tidak berlebih saat tidak dibutuhkan yang nantinya akan mempengaruhi BPP, oleh sebab itu harus ada jaminan konstan daya mampunya.

Sementara itu, Bupati Timor Tengah Selatan Egusem Pieter Tahun, ST, MM mengatakan dirinya bersama wakil bupati akan selalu mendukung teman teman dari PLN untuk pembangunan PLTB Oelbubuk.

Dalam kunjungannya , PLN juga berkesempatan bertemu Gubernur NTT dan dalam pertemuanya Gubernur Viktor B. Laiskodat menyampaikan NTT harus terus membangun lompatan-lompatan seperti adanya bauran energi yang menjadi peran yang paling penting.

Lets Go to Labuan Bajo!

“Kita siapkan air yang baik tapi kalau energinya tidak ada ya sama saja, namun hari ini saya senang di kunjungi oleh Dewan Komisaris dan Direksi PLN yang meminta ijin untuk pembangunan PLTB Timor yang nantinya juga bisa bersinergi dengan pemerintah daerah karena pemerintah daerah juga akan merencanakan industri-industri turunan salah satunya pembangunan pariwisata" katanya.

Tambah Gubernur, "Terima kasih juga buat PLN yang kemarin tanggal 18 November 2019 sudah membantu menyalakan Listrik Gratis dari program One Man One Hope nya PLN untuk masyarakat yang ada di perbatasan. Biar ini jadi bukti kalau Masyarakat di perbatasan Indonesia juga sudah mendapatkan Listrik agar lompatan-lompatan atau mimpi-mimpi kita bisa terlaksanakan maka saya mengharapkan sinergi bersama PLN, ayo kita bangun mimpi kita bersama-sama dengan bekerja sama.” pungkasnya. (PAH*/SAB-02)

Rate this item
(1 Vote)

Tentang Kami

Sejak tahun 2015 dengan Motto "Explore The Beauty Of Flores" www.florestoday.com berdiri dan berpartisipasi sebagai sarana penyebar informasi, penjalin persatuan bangsa, merawat demokrasi untuk mendukung pembangunan yang dilaksanakan  oleh pemerintah bersama seluruh warga negara.

Kemajuan dan kesejahteraan akan semakin mudah kita capai jika kerjasama diantara kita dapat terjalin dengan baik.

 

Anggota Media Online Indonesia

Kontak Info

Jl. Reklamasi No 8 Kampung Ujung, Labuan Bajo, 

Kec. Komodo, Labuan Bajo,
Manggarai Barat, NTT – Indonesia.
Telp: +6238541736,

Mobile/Whatsapp: 0811922368

Email: redaksi@florestoday.com

Photo Gallery