Pemdes Wae Lolos Gelar Bimtek Pengelolaan BumDes Featured

Pemateri bimbek dan jajaran aparat Desa menyampaikan materi pengelolaan Bumdes Pemateri bimbek dan jajaran aparat Desa menyampaikan materi pengelolaan Bumdes (Foto. dok. Florestoday.com)

FLORESTODAY.COM, Labuan Bajo - Pemerintah desa (PemDes) Wae Lolos, Kec. Mbeliling, Manggarai Barat menggelar bimbingan teknis (Bimtek) terkait pengelolaan badan usaha milik desa (Bumdes) beberapa waktu lalu.

 

 

Kepala Desa Wae Lolos, Gervasius Toni, kepada Florestoday.com menjelaskan kegiatan tersebut bermaksud memberikan pengarahan pengelolaan Bumdes oleh narasumber yang memiliki pemahaman terhadap managemen pengelolaan usaha.

"PemDes Wae Lolos mengajak beberapa narasumber sebagai pemateri Bimtek. Bimtek ini sangat penting agar pengelola memiliki pemahaman, mampu mengidentifikasi jenis usaha sesuai peluang di desa".

Ayo! Jalan-jalan ke Komodo!

Dia menambahkan, saat ini Desa Wae Lolos telah menjalankan satu usaha BumDes yakni PAM desa. "PAM Des telah berjalan dan mulai dilakukan pembayaran iuran oleh warga".

Iapun tidak memungkiri akan ada kemungkinan usaha lain yang masuk dalam BumDes, seperti pengelolaan lokasi wisata. "Di desa Wae Lolos memiliki potensi pariwisata, mungkin itu nanti akan menjadi bagian dari pengelolaan BumDes".

 

 

"Prinsip BumDes tidak boleh mematikan usaha masyarakat setempat, BumDes hadir tidak untuk bersaing dengan usaha masyarakat. Karena itu, saya juga mengajak masyarakat agar sebagian modal bisa berinvetasi di BumDes sehingga anggaran BumDes tidak hanya dari alokasi dana desa", terang Toni kepada Florestoday.com, Senin (23/12/2019).

Narasumber Bimtek, Hilarian Hadur, Direktur Eksekutif Lembaga Change Operator, menerangkan bahwa Desa Wae Lolos merupakan kawasan strategis untuk pengembangan ekonomi dan pariwisata.

"Kalau ini dikembangkan serius kedepanya, ini sangat berpotensi karena wilayah desa ini berada di jalur strategis yang dikelilingi oleh kawasan hutan lindung".

 

 

"Kami menyarankan agar PemDes membuka kawasan rest area sebagai tempat aktifitas ekonomi masyarakat dan informasi tourism Center untukbwilayah Sanonggoang-Mbeliling yang memiliki kekayaan akan aset wisata", tambahnya.

Demikian Sekretaris Lembaga Change, Rikardus Goa meyakini akan kemajuan desa wae lolos kedepanya jika saat ini mulai ditata dengan baik.

"Hanya saja segala sesuatunya harus dimulai dengan penataan, baik perangkat regulasi di tingkatan desa, maupun desain skenario sosial masyarakat untuk dapat mendukung Wae Lolos sbgai destinasi wisata".

"Kami sangat berharap Pemdes dapat melakukan investasi ekonomi yang besar ke BUMDesnya, karena desa ini punya potensi perkembangan perekonomian yang pesat kedepanya", tutup Rikardus Goa. (YER-05/SAB-02)

Rate this item
(1 Vote)

Tentang Kami

Sejak tahun 2015 dengan Motto "Explore The Beauty Of Flores" www.florestoday.com berdiri dan berpartisipasi sebagai sarana penyebar informasi, penjalin persatuan bangsa, merawat demokrasi untuk mendukung pembangunan yang dilaksanakan  oleh pemerintah bersama seluruh warga negara.

Kemajuan dan kesejahteraan akan semakin mudah kita capai jika kerjasama diantara kita dapat terjalin dengan baik.

 

Anggota Media Online Indonesia

Kontak Info

Jl. Reklamasi No 8 Kampung Ujung, Labuan Bajo, 

Kec. Komodo, Labuan Bajo,
Manggarai Barat, NTT – Indonesia.
Telp: +6238541736,

Mobile/Whatsapp: 0811922368

Email: redaksi@florestoday.com

Photo Gallery