Investor di Labuan Bajo Diminta Tidak Membawa Budaya Lain Featured

Tokoh agama (Peter Marshel) Tokoh agama (Peter Marshel) Foto: Istimewa

FLORESTODAY.COM, Labuan Bajo - Menjadi daerah pariwisata unggulan di Indonesia, Labuan Bajo kini menjadi incaran para investor.

Ketertarikan para investor untuk menanamkan modal besar-besaran di Labuan Bajo tentunya harus membawa dampak terhadap kesejahteraan masyarakat.

Ayo! Jalan-jalan ke Komodo!

Tokoh agama setempat, Peter Marshel turut memberi tanggapannya mengenai kehadiran para investor di Labuan Bajo. Menurutnya, Investor yang datang juga harus memperhatikan kepentingan lokal. Misalnya, orang-orang lokal tidak hanya menjadi penonton saja, melainkan ikut dilibatkan.

"Disini para investor membutuhkan tenaga lokal minimal 70%, apakah itu di pariwisata ataukah di bidang-bidang lainnya." Katanya saat diwawancarai florestoday.com via telepon pada Senin (23/12/19).

 

 

Selain itu, keterbatasan SDM di Manggarai Barat, khususnya Labuan Bajo harus diperhatikan. Tiap hotel maupun perusahaan tour tentunya membutuhkan kualifikasi untuk merekrut warga lokal. Maka, Peter Marshel meminta para investor untuk melakukan pelatihan pra kerja.

"Para investor harus melatih mereka (warga lokal) supaya bisa bekerja di hotel-hotel yang didirikan di Manggarai Barat ini. Selanjutnya, kita juga minta pada investor supaya budaya lokal diperhatikan terlebih khusus untuk bidang budayaanya. Ini harus betul-betul diperhatikan, dimulai dari arsitektur, kita terima mereka, tetapi jangan dengan membawa budaya lain ke sini." tambahnya.

 

 

Terakhir, Peter Marshel juga meminta kepada para invertor untuk membawa budaya lokal dalam setiap arsitektur maupun penggunaan kain adat Manggarai.

"Selain arsitektur, penggunaan kain songke tidak dipergunakan setiap hari, tentunya ada hari-hari tertentu. Dengan demikian juga UKM itu akan berkembang. Kehadiran para investor juga menjadi acuan dan membuat maju orang-orang lokal sekitar Manggarai Barat ini." Tutupnya.

Rate this item
(1 Vote)

Tentang Kami

Sejak tahun 2015 dengan Motto "Explore The Beauty Of Flores" www.florestoday.com berdiri dan berpartisipasi sebagai sarana penyebar informasi, penjalin persatuan bangsa, merawat demokrasi untuk mendukung pembangunan yang dilaksanakan  oleh pemerintah bersama seluruh warga negara.

Kemajuan dan kesejahteraan akan semakin mudah kita capai jika kerjasama diantara kita dapat terjalin dengan baik.

 

Anggota Media Online Indonesia

Kontak Info

Jl. Reklamasi No 8 Kampung Ujung, Labuan Bajo, 

Kec. Komodo, Labuan Bajo,
Manggarai Barat, NTT – Indonesia.
Telp: +6238541736,

Mobile/Whatsapp: 0811922368

Email: redaksi@florestoday.com

Photo Gallery