Pro Kontra Investasi di TNK, Ini Penjelasan BOPLBF Featured

Pulau Padar, Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo-Flores Pulau Padar, Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo-Flores (Foto. dok. Florestoday.com)

FLORESTODAY.COM, Labuan Bajo - Penolakan sejumlah pihak mengenai rencana investasi di kawasan Taman Nasional Komodo berbuah unjuk rasa.

Badan Otoritas Pariwisata Labuan Bajo-Flores (BOPLBF) yang merencanakan ingin membangun desa wisata berbasis ecotourism di kawasan TNK menuai banyak protes. Berbagai pihak mengkhawatirkan jika investasi dilakukan di kawasan TNK, maka akan merusak konservasi di wilayah tersebut.

Ayo! Jalan-jalan ke Komodo!

Ketua BOPLBF, Shana Fatina mengatakan BOPLBF berkomitmen untuk melakukan pengembangan pariwisata berkelanjutan yang memberi manfaat langsung bagi masyarakat khususnya di Labuan Bajo-Flores, dan di Nusa Tenggara Timur pada umumnya.

PASANG IKLAN DI FLORESTODAY.COM, EMAIL KE: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Dirinya juga menambahkan bahwa penataan pariwisata berkelanjutan di Taman Nasional Taman Nasional Komodo bermaksud untuk meningkatkan kualitas perlindungan konservasi hutan dan hewan serta biota laut, selain pelayanan wisata dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Explore the Beauty of Flores with White Pearl Phinisi

"Hal itu perlu terus ditingkatkan kualitasnya sesuai standar internasional karena wilayah konservasi yang harus dijaga sustainability-nya." ujarnya saat dihubungi florestoday.com via pesan singkat, Kamis (13/2/2020).

Baca Juga: Bupati Mabar: Selama Tidak Menganggu Konservasi, Maka Tidak Bisa Bilang Tidak

Destinasi wisata premium yang dimaksud oleh pemerintah adalah menjadikan Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo sebagai tujuan wisata ecotourism yang berkualitas sehingga wisatawan mendapatkan pengalaman berwisata yang tak akan terlupakan.

"Karena Taman Nasional Komodo hanya ada di Labuan Bajo Flores, NTT, seperti halnya Australia menyuguhkan wisata premium dengan Kanguru dan New Zealand dengan ecotourism-nya." jelas Shana.

Ayo! Jalan-jalan ke Komodo!

BOPLBF juga akan memastikan konservasi dan kesejahteraan masyarakat di kawasan Taman Nasional Komodo akan terjamin, karena pihaknya akan siap mengelola TNK dengan standar internasional.

"Investornya apa dan bagaimana itu belum ketahuan kebutuhannya karena masih dalam proses baru memulai mendesain. Yang jelas konsepnya bagaimana kita mengelola Taman Nasional Komodo dengan standar kelas dunia, yang menjamin konservasi dan kesejahteraan masyarakat di dalamnya, yang selama ini belum pernah dilakukan sekomprehensif itu." tandasnya. (Sab)

Rate this item
(2 votes)

Tentang Kami

Sejak tahun 2015 dengan Motto "Explore The Beauty Of Flores" www.florestoday.com berdiri dan berpartisipasi sebagai sarana penyebar informasi, penjalin persatuan bangsa, merawat demokrasi untuk mendukung pembangunan yang dilaksanakan  oleh pemerintah bersama seluruh warga negara.

Kemajuan dan kesejahteraan akan semakin mudah kita capai jika kerjasama diantara kita dapat terjalin dengan baik.

 

Anggota Media Online Indonesia

Kontak Info

Jl. Reklamasi No 8 Kampung Ujung, Labuan Bajo, 

Kec. Komodo, Labuan Bajo,
Manggarai Barat, NTT – Indonesia.
Telp: +6238541736,

Mobile/Whatsapp: 0811922368

Email: redaksi@florestoday.com

Photo Gallery