Jika Investasi Dilakukan di TNK, Komodo Bisa Punah Featured

Komodo di Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo-Flores, NTT Komodo di Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo-Flores, NTT Foto: Istimewa

FLORESTODAY.COM, Labuan Bajo - Rencana Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo-Flores untuk membangun desa wisata di Taman Nasional Komodo membentuk berbagai macam kekhawatiran sejumlah elemen masyarakat.

Taman Nasional Komodo yang memang menjadi magnet utama kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo, diharapkan bebas dari bentuk bangunan yang diinvestasikan pihak BOP-LBF. Hal tersebut disampaikan oleh ketua LSM Insan Lantang Muda (ILMU) Doni Parera saat dihubungi florestoday.com via telepon pada Sabtu (15/02/2020).

Ayo! Jalan-jalan ke Komdo!

"Apapun investasi yang terdapat di dalamnya (TNK), itu dapat membuat satwa ini punah, karena penambahan bangunan apapun di dalamnya itu, hakikatnya mempersempit ruang gerak satwa dan membuat mereka rentan punah." ujar Doni.

Menaggapi perihal pembagian zona konservasi maupun zona investasi di TNK, Doni menambahkan bahwa harus ada kajian ilmiah yang dilakukan oleh lembaga independen.

PASANG IKLAN DI FLORESTODAY.COM, EMAIL KE: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

"Penambahan apa saja, seperti bangunan itu, sudah bertentangan dengan prinsip dasar konservasi, yakni membiarkan dia seperti apa adanya, alami. Jangan ditambahkan apalagi dikurangi." tandas Doni

Kehadiran hewan purba Komodo yang hanya ada di Nusa Tenggara Timur, memang menjadikan provinsi ini begitu spesial di mata presiden Joko Widodo, khususnya Labuan Bajo. Bahkan, Jokowi menjadikan Labuan Bajo salah satu destinasi pariwisata super prioritas dan merencanakannya menjadi wisata kelas premium.

Sebelumnya, berbagai lapisan masyarakat menggelar aksi unjuk rasa di halaman kantor DPRD Manggarai Barat untuk menolak keras rencana BOP-LBF berinvestasi di Taman Nasional Komodo. (Sab)

Rate this item
(4 votes)

Tentang Kami

Sejak tahun 2015 dengan Motto "Explore The Beauty Of Flores" www.florestoday.com berdiri dan berpartisipasi sebagai sarana penyebar informasi, penjalin persatuan bangsa, merawat demokrasi untuk mendukung pembangunan yang dilaksanakan  oleh pemerintah bersama seluruh warga negara.

Kemajuan dan kesejahteraan akan semakin mudah kita capai jika kerjasama diantara kita dapat terjalin dengan baik.

 

Anggota Media Online Indonesia

Kontak Info

Jl. Reklamasi No 8 Kampung Ujung, Labuan Bajo, 

Kec. Komodo, Labuan Bajo,
Manggarai Barat, NTT – Indonesia.
Telp: +6238541736,

Mobile/Whatsapp: 0811922368

Email: redaksi@florestoday.com

Photo Gallery