Kemenhub Kaji Rencana Pelabuhan Cargo di Labuan Bajo

02 Oct 2019

LABUAN BAJO. florestoday.com – Kementerian Perhubungan Republik Indonesia melalui Dirjen Perhubungan Laut saat ini tengah mengkaji pembangunan pelabuhan kargo di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, untuk lalu-lintas kapal barang. Selama ini, kapal pengangkut kontainer masih bersandar di pelabuhan penumpang.

  “Selama ini pelabuhan di Labuan Bajo adalah pelabuhan yang melayani angkutan Penumpang dan Wisatawan, sedangkan angkutan barang (cargo dan container-red), selayaknya kita pisahkan antara pelabuhan Penumpang dan Barang”, Kata Dwikora, selaku Kepala Unit Pelayanan Pelabuhan Kelas II Labuan Bajo, kepada florestoday.com, melalui pesan singkatnya,Minggu(29/09/2019).

Terkait tingginya frekuensi bongkar muat penumpang dan barang di pelabuhan itu, kata Dwikora,dikarenakan oleh tingginya angka kunjungan kapal-kapal besar seperti kapal Pelni dan Roro yang juga terkadang menjadi penyebab kemacetan di areal pelabuhan.

 “Kemacetan di dalam pelabuhan biasa terjadi apabila ada kapal Roro  masuk karena adanya mobil dan truk yang  akan turun dan naik kapal, juga saat kapal penumpang Pelni masuk akan ada kemacetan dikarenakan banyaknya mobil angkutan penumpang yang mengantar dan menjemput”,tandas Dwi.

Ayo Jalan-jalan ke Komodo!

Saat ini, lanjut Dwi, kondisi pelabuhan Labuan Bajo agak meningkat karena adanya kegiatan pengembangan pelabuhan yang mana lahan parkir di pelabuhan di gunakan sebagai tempat penyimpanan barang bangunan, dan ada 4 trustel semula aktif saat ini hanya 2 trustel yang di fungsikan untuk kegiatan pelabuhan. Selain itu, Dwikora mengaku, adanya kapal kargo yang bersandar di pelabuhan penumpang membuat kawasan tampak kumuh. Kondisi ini acap membuat penumpang, khususnya wisatawan, tidak nyaman. Karena itu, untuk meningkatkan kenyamanan pelancong, ia menyebut lokasi pelabuhan kargo dan pelabuhan penumpang perlu dipisah.

 “Saat ini pelabuhan sedang ada pengembangan yaitu adanya reklamasi dan perpanjangan trustel, jadi kegiatan pelabuhan agak padat dan juga karena adanya kunjungan wisatawan meningkat”, Ucap Dwikora.

Selain itu Pihaknya juga berharap agar pengerjaan ruang tunggu dan kantor pelabuhan yang sedang dikerjakan bisa selesai tahun ini “Sesuai Rencana Induk Pelabuhan, diatas lahan tersebut akan di bangun ruang tunggu penumpang yang akan naik kapal dan juga kantor pelabuhan”kata Dwikora.

Explore the Beauty of Flores with RRI Bahari Speed Boat

Sementara itu, Proyek konstruksi pelabuhan kapal kargo di Labuan bajo kabarnya akan dimulai pada 2020. Kementerian Perhubungan telah mengalokasikan anggaran pembangunan dalam RAPBN tahun depan.  Adapun pemerintah berencana menggarap pariwisata Labuan Bajo. Dalam rencana anggaran pendapatan dan belanja negara atau RAPBN 2020, Kemenhub mendapat tambahan anggaran untuk Labuan Bajo sebesar Rp 207,6 miliar menjadi Rp 500,3 miliar.

Menanggapi ini, Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dulla kepada florestoday.com melalui pesan singkatnya pada Jumat, (27/09/2019) menyampaikan terimakasih yang tak terhingga. Beliau juga mengajak masyarakat Manggarai Barat untuk merespon dukungan pemerintah pusat dalam membangun daerah itu.

 “Kita harus respon terhadap dukungan dari pemerintah pusat,kata Dia. Mendukung Mabar sebagai daerah tujuan wisata super prioritas kata Bupati Gusti,tentu tidak terlalu sulit,yakni dengan cara ikut berpartisipasi dalam pembangunan dengan cara, rela memberi lahan untuk pembangunan infrastruktur seperti memberi sedikit lahan untuk akses jalan dan PLN juga untuk lintasan benaman pipa  Air bersih”Ajak Bupati.

Jalan-jalan Dengan Phinisi di Labuan Bajo, dan Jelajahi keindahan Flores. Info Lebih Lanjut klik di Sini

Selain itu Bupati Gusti juga meminta agar perlunya memperhatikan estetika pada bangunan  sempadan pantai. Perlu adanya pedestrian dan lahan jalan menuju obyek wisata.Pokonya semua lahan utk pembangunan infra struktur harus direlakan. “Pariwisata Mabar level premium termahal di dunia kata Dia, itu berarti, persiapannya juga mahal. Respon kita juga tdk kalah pentingnya yakni dengan pemanfaatan yang maximal hasil pembangunan”, kata Bupati Gusti

Beliau juga menyoroti tentang trotoar yang harus selalu bersih dan harus berdampak pada kota bebas sampah. “Selain trotoar yang bersih Lampu jalan juga harus terang benderang, demikian juga dengan kendaraan parkir harus tertib”, tutup Dia.

 

Reporter : PAH-01

Editor     : REDAKTUR

Rate this item
(1 Vote)

Tentang Kami

Sejak tahun 2015 dengan Motto "Explore The Beauty Of Flores" www.florestoday.com berdiri dan berpartisipasi sebagai sarana penyebar informasi, penjalin persatuan bangsa, merawat demokrasi untuk mendukung pembangunan yang dilaksanakan  oleh pemerintah bersama seluruh warga negara.

Kemajuan dan kesejahteraan akan semakin mudah kita capai jika kerjasama diantara kita dapat terjalin dengan baik.

 

Anggota Media Online Indonesia

Kontak Info

Jl. Reklamasi No 8 Kampung Ujung, Labuan Bajo, 

Kec. Komodo, Labuan Bajo,
Manggarai Barat, NTT – Indonesia.
Telp: +6238541736,

Mobile/Whatsapp: 0811922368

Email: redaksi@florestoday.com

Photo Gallery