Yuk! Cegah Penyakit di Musim Hujan! Featured

Cegah penyakit dengan banyak minu air putih Cegah penyakit dengan banyak minu air putih (Foto. dok. Florestoday.com)

FLORESTODAY.COM, Labuan Bajo - Sobat floretoday.com tidak perlu khawatir akan paparan berbagai jenis bakteri dan virus di musim hujan bila sobat melakukan pencegahan penyakit di musim hujan.

Berikut ini adalah cara mengatasi penyakit di musim hujan yang florestoday rangkum dari hellosehat.

Ayo! Jalan-jalan ke Komodo!

1. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Dihimpun dari hellosehat, Dokter Jati Satriyo menyatakan bahwa menjalani pola hidup sehat adalah kunci utama untuk mencegah penyakit dan tetap sehat di musim apapun. Bila sistem kekebalan Anda kuat, Anda tidak akan rentan terhadap paparan virus atau bakteri di musim hujan.

Berikut ini adalah cara menjaga kekebalan tubuh agar tetap kuat di musim hujan, yaitu:

- Perbanyak makan buah dan sayur
- Rajin olahraga
- Menjaga kualitas tidur
- Minum air putih yang cukup
- Hindari minum alkohol
- Berhenti merokok
- Kurangi stres
- Makanan yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah jenis buah sitrus, jahe, kacang almond, bayam, teh hijau.

 

2. Memperhatikan Kebersihan Lingkungan

Cara mencegah penyakit di musim hujan selanjutnya adalah dengan mengutamakan kebersihan lingkungan. Curah hujan yang tinggi dapat membawa kuman, virus, atau bakteri melalui aliran hujan, jadi Anda harus rajin membersihkan lingkungan setelah hujan.

 

3. Memperhatikan Kebersihan Makanan

Anda harus selalu memperhatikan kebersihan makanan sebagai pencegahan penyakit di musim hujan. Seperti yang sudah disebutkan, banyak bakteri dan virus yang dipaparkan melalui makanan dan minuman.

 

4. Memerhatikan Kebersihan Sanitasi

Cara mencegah penyakit di musim hujan adalah dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah aktivitas toilet, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, serta melakukan pengelolaan sampah dengan efektif dan mekanisme kesehatan lainnya.

 

5. Hindari Aktivitas di Tengah Hujan

Hujan dapat turun di waktu yang tidak terduga, seperti mungkin saat Anda sedang berjalan atau mengendarai motor di jalanan. Bermain hujan-hujanan mungkin menyenangkan, terutama bagi anak kecil, namun aktivitas ini dapat membuat Anda rentan terhadap penyakit.

Terkena hujan dalam intensitas yang lebat dan lama dapat membuat daya tahan tubuh Anda lemah dan menyebabkan Anda terkena batuk, pilek, dan demam.

Selain itu, genangan air hujan atau banjir meningkatkan risiko infeksi jamur penyebab penyakit leptospirosis. Leptospirosis adalah kondisi ketika luka terbuka terpapar air, vegetasi, genagangan kotor yang terkontaminasi bakteri leptospira.

Cara mencegah penyakit musim hujan yang paling efektif adalah dengan selalu membawa payung, jaket, atau jas hujan untuk mencegah diri Anda kehujanan. (SAB-05/hellosehat)

Rate this item
(1 Vote)

Tentang Kami

Sejak tahun 2015 dengan Motto "Explore The Beauty Of Flores" www.florestoday.com berdiri dan berpartisipasi sebagai sarana penyebar informasi, penjalin persatuan bangsa, merawat demokrasi untuk mendukung pembangunan yang dilaksanakan  oleh pemerintah bersama seluruh warga negara.

Kemajuan dan kesejahteraan akan semakin mudah kita capai jika kerjasama diantara kita dapat terjalin dengan baik.

 

Anggota Media Online Indonesia

Kontak Info

Jl. Reklamasi No 8 Kampung Ujung, Labuan Bajo, 

Kec. Komodo, Labuan Bajo,
Manggarai Barat, NTT – Indonesia.
Telp: +6238541736,

Mobile/Whatsapp: 0811922368

Email: redaksi@florestoday.com

Photo Gallery