Tips Menjaga Kulit Dari Paparan Sinar Matahari Featured

Tips Menjaga Kulit Dari Paparan Sinar Matahari florestoday.com/Sabrina Hutajulu

florestoday.com, Labuan Bajo - Memasuki musim kemarau seperti sekarang, maka semua harus bersiap menghadapi cuaca yang panas dan menyengat. Cuaca yang panas memang bisa membuat kerusakan pada kulit. Seperti bercak putih, kering, hingga terbakar.

Berikut florestoday.com berikan tips menjaga kulit agar tetap sehat meski terus terpapar sinar matahari yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Pilihkan jenis pakaian yang tepat
Jika anda akan melakukan aktivitas di luar ruangan, pilihlah jenis pakaian yang menutupi tubuh Anda. Pakaian seperti lengan panjang, celana panjang atau rok panjang dapat melindungi kulit. Selain itu, pilih pakaian yang longgar dan menyerap keringat.

2. Pakailah Tabir Surya
Untuk melindungi kulit dari bahaya radiasi sinar matahari, Anda dapat menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF minimal 15 dan anti air. Selain itu, sebaiknya Anda menggunakan tabir surya tersebut 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan sehingga dapat terserap dengan baik oleh kulit dan memberikan perlindungan yang lebih optimal. Anda juga bisa mengulangi penggunaan tabir surya setelah 1 atau 2 jam apabila diperlukan.

Ayo Jalan-jalan ke Komodo!

3. Perhatikan Waktu
Saat Anda harus bekerja atau beraktivitas di luar ruangan, perhatikan waktu dan juga jamnya. Usahakan untuk menghindari jam tertentu saat matahari sangat terik, yaitu sekitar pukul 10.00 hingga pukul 16.00. Karena pada jam tersebut, matahari sedang berada pada jarak terdekat dengan Bumi. Sehingga paparan radiasi sinar UV A dan UV B juga paling tinggi pada jam tersebut. Lakukan aktivitas Anda seefektif mungkin, tidak perlu berlama-lama berada di bawah sinar matahari.

4. Gunakan payung atau topi saat berada di luar ruangan
Pakaian yang tertutup dapat membantu melindungi kulit Anda dari sinar matahari, namun tidak sepenuhnya. Maka gunakanlah payung atau topi untuk memberikan perlindungan lebih dari sinar matahari. Anda juga dapat mengenakan kacamata untuk melindungi mata dari sinar matahari dan menggunakan masker wajah apabila diperlukan.

Baca juga: Kulit Bisa Cerah & Glowing Dangan Memakan 6 Hal Ini

5. Memakai perlindungan dari sinar matahari saat berkendara
Untuk melindungi kulit Anda dari paparan radiasi sinar matahari saat sedang mengendarai mobil, sebaiknya Anda memberikan pelindung kaca mobil dengan fungsi sun protector. Untuk Anda yang berkendara menggunakan sepeda motor, kenakanlah helm, jaket, sarung tangan, kaos kaki dan juga sepatu untuk melindungi kulit Anda.
Mengenakan kacamata dan juga masker wajah saat mengendari sepeda motor juga memberikan perlindungan lebih, baik dari polusi udara maupun panas matahari yang mengenai wajah.

Nah, jadi tidak perlu takut lagi untuk beraktivitas di luar ruangan dengan udara panas yang menyengat. Tetap jaga kesehatan dengan banyak mengkonsumsi air putih agar tidak dehidrasi dan kulit tetap sehat. (Sabrina)

 

 

Rate this item
(1 Vote)

Tentang Kami

Sejak tahun 2015 dengan Motto "Explore The Beauty Of Flores" www.florestoday.com berdiri dan berpartisipasi sebagai sarana penyebar informasi, penjalin persatuan bangsa, merawat demokrasi untuk mendukung pembangunan yang dilaksanakan  oleh pemerintah bersama seluruh warga negara.

Kemajuan dan kesejahteraan akan semakin mudah kita capai jika kerjasama diantara kita dapat terjalin dengan baik.

 

Anggota Media Online Indonesia

Kontak Info

Jl. Reklamasi No 8 Kampung Ujung, Labuan Bajo, 

Kec. Komodo, Labuan Bajo,
Manggarai Barat, NTT – Indonesia.
Telp: +6238541736,

Mobile/Whatsapp: 0811922368

Email: redaksi@florestoday.com

Photo Gallery