Pertolongan Pertama Saat Terkena Bulu Babi Featured

07 Nov 2019
75 times
bulu babi bulu babi (Foto. dok. Florestoday.com)

FLORESTODAY.COM, Labuan Bajo - Berenang di lautan merupakan hal yang sangat mengasyikkan. Apalagi ditambah pemandangan yang indah, pastinya membuat kita ingin berenang berlama-lama. Namun, tanpa disadari, kaki kita terinjak oleh mahluk penghuni bawah laut. Bulu babi atau yang juga dikenal dengan landak laut merupakan makhluk laut kecil yang seluruh tubuhnya ditutupi oleh duri tajam berbisa.

Ayo Jalan-jalan ke Komodo!

Kebanyakan orang tersengat ketika mereka tidak sengaja menginjak atau menyentuhnya. Ya, karena memiliki bentuk yang unik, beberapa orang (terutama anak kecil) sering kali mengambil bulu babi langsung dengan tangannya tanpa menyadari bahwa hewan satu ini berbisa.

Berikut cara melakukan pertolongan pertama saat terkena sengatan bulu babi:

Hal pertama yang harus Anda lakukan sesaat ketika tak sengaja menginjak bulu babi adalah tetap tenang dan jangan panik. Ingat, kepanikan akan membuat Anda bergerak lebih gaduh. Ini justru dapat mempercepat penyebaran racun ke bagian tubuh lainnya.

Setelah itu, segeralah menepi ke daratan. Kemudian rendam area yang terkena sengatan di dalam air hangat selama 30-90 menit untuk mengurangi rasa sakit sekaligus melunakkan duri bulu babi yang menancap di kulit.

 

 

Secara perlahan, cobalah untuk mencabut potongan duri sebanyak yang Anda bisa. Jika memungkinkan, gunakan pinset agar memudahkan proses pengambilan duri-duri besar yang tertancap di kulit. Anda juga bisa menggunakan pisau cukur untuk mengikis pedicellaria. Pastikan Anda menggunakan pisau cukur dengan hati-hati.

 

Obati kerusakan pada mesin kendaraan anda di Surya Jaya Moto Bajo. Menerima antar jemput kendaraan Anda. Info lebih lanjut hubungi: 081338892519, atau datang langsung ke Jalan Trans Flores, Desa Gorontalo, Labuan Bajo, NTT (Depan Pertamina Pasar Baru)

 

Setelah berhasil mencabut duri-duri yang menancap, segera bilas area yang terkena tadi dengan sabun dan air bersih. Hal ini dilakukan untuk menghindari infeksi di area yang terkena.

Masalah terbesar yang perlu diwaspadai adalah duri landak laut yang sering pecah di bawah kulit. Oleh sebab itu, berhati-hatilah ketika mencabut duri tersebut dari kulit Anda. Pastikan Anda bisa mengambil durinya secara utuh, sehingga tidak ada yang tertinggal di dalam kulit. (SAB-02/hallosehat)

Rate this item
(1 Vote)

Tentang Kami

Sejak tahun 2015 dengan Motto "Explore The Beauty Of Flores" www.florestoday.com berdiri dan berpartisipasi sebagai sarana penyebar informasi, penjalin persatuan bangsa, merawat demokrasi untuk mendukung pembangunan yang dilaksanakan  oleh pemerintah bersama seluruh warga negara.

Kemajuan dan kesejahteraan akan semakin mudah kita capai jika kerjasama diantara kita dapat terjalin dengan baik.

 

Anggota Media Online Indonesia

Kontak Info

Jl. Reklamasi No 8 Kampung Ujung, Labuan Bajo, 

Kec. Komodo, Labuan Bajo,
Manggarai Barat, NTT – Indonesia.
Telp: +6238541736,

Mobile/Whatsapp: 0811922368

Email: redaksi@florestoday.com

Photo Gallery