BMKG Peringati Potensi Cuaca Buruk Hari Ini Featured

Prediksi Cuaca dari BMKG Prediksi Cuaca dari BMKG (Foto. dok. BMKG MABAR)

FLORESTODAY.COM, Labuan Bajo - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan informasi peringatan dini cuaca ekstrem di wilayah Indonesia.

BMKG telah merilis kabar peringatan dini berpotensi terjadi hari ini, Jumat (31/1/2020). Sebagian besar wilayah Indonesia akan turun hujan ringan hingga lebat dan disertai petir.

Ayo! Jalan-jalan ke Komodo!

Pada musim penghujan ini, masyarakat perlu waspada terhadap cuaca ekstrem yang mungkin akan terjadi. BMKG melalui laman resmi bmkg.go.id, menyampaikan informasi bahwa ada cuaca ekstrem esok hari.

Ada 8 wilayah berpotensi hujan dengan intensitas lebat yaitu di wilayah Aceh, Sumatera Barat, Banten, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara.

Hal ini terjadi karena terdapat massa udara basah di lapisan rendah yang terkonsentrasi di sebagian besar Wilayah Indonesia kecuali di wilayah Sulawesi Utara, Maluku, Maluku Utara dan Papua Barat.

Explore the Beauty of Flores with RRI Bahari Speed Boat. Book Now!

Daerah yang memiliki potensi konvektif dari faktor lokal dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang atau kuat terdapat di wilayah Pesisir Barat Sumatera, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Pesisir Selatan Jawa hingga Jawa Timur.

Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Papua juga merupakan daerah yang memiliki potensi konvektif dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang atau kuat.

Terdapat sirkulasi siklonik di wilayah Samudera Hindia Barat Selatan Jawa dengan level 925/850. Konvergensi terbentuk di wilayah Samudra Hindia dan di wilayah Sumatera bagain Barat Daya Sumatera.

Lets Go to Labuan Bajo!

Daerah belokan angin terdapat diwilayah Sumatera bagian Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Perairan UtaraSulawesi, Samudra Pasifik Utara Papua.

Sedangkan daerah Low Level Jet Stream terdapat di wilayah Laut Cina Selatan Hingga Kepulauan Natuna.

Prakiraan Cuaca:

Wilayah yang berpotensi hujan lebat:
Aceh
Sumatera Barat
Banten
Jawa Tengah
Nusa Tenggara Timur
Kalimantan Tengah
Sulawesi Tengah
Sulawesi Tenggara

Area perairan dengan gelombang Tinggi (2.50 - 4.0 m)

Samudera Hindia selatan Bali
Samudera Hindia selatan NTB
Perairan Kalimantan Tengah bagian timur
Laut Jawa bagian utara Bawean
Laut Jawa bagian selatan Bawean
Laut Jawa bagian barat Masalembo
Laut Jawa bagian timur Masalembo
Perairan selatan Jawa Timur
Samudera Hindia selatan Jawa Timur
Laut Natuna Utara
Perairan utara Natuna
Selat Sunda bagian selatan
Perairan selatan Banten
Samudera Hindia selatan Banten
Samudera Hindia barat Lampung
Samudera Hindia selatan Jawa Barat
Samudera Hindia selatan Jawa Tengah

Waspada potensi hujan sedang hingga lebat disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang dengan durasi singkat di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang dan sore hari. (Red/BMKG)

Rate this item
(1 Vote)

Tentang Kami

Sejak tahun 2015 dengan Motto "Explore The Beauty Of Flores" www.florestoday.com berdiri dan berpartisipasi sebagai sarana penyebar informasi, penjalin persatuan bangsa, merawat demokrasi untuk mendukung pembangunan yang dilaksanakan  oleh pemerintah bersama seluruh warga negara.

Kemajuan dan kesejahteraan akan semakin mudah kita capai jika kerjasama diantara kita dapat terjalin dengan baik.

 

Anggota Media Online Indonesia

Kontak Info

Jl. Reklamasi No 8 Kampung Ujung, Labuan Bajo, 

Kec. Komodo, Labuan Bajo,
Manggarai Barat, NTT – Indonesia.
Telp: +6238541736,

Mobile/Whatsapp: 0811922368

Email: redaksi@florestoday.com

Photo Gallery