Dermaga Kargo, Antara Bari atau Nanga Bido ?

Salah Satu Pemandangan di Dermaga Sudamala Resort Labuan Bajo / Foto : Istimewa Salah Satu Pemandangan di Dermaga Sudamala Resort Labuan Bajo / Foto : Istimewa

FLORESTODAY.COM, Labuan Bajo - Dermaga Labuan Bajo, Manggarai Barat (Mabar) di Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan  tempat bersandar kapal pengangkut kargo sekaligus wisatawan. Kelak, kedua fungsi tersebut akan dipisahkan untuk memberikan kenyamanan bagi turis yang hendak berlibur.

Kepala Badang Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Hadi Sucahyono menjelaskan, saat ini kajian terkait pemisahan tersebut masih dipelajari Kementerian Perhubungan.

Ayo Jalan-jalan ke Komodo! Pesan Sekarang!

"Presiden minta pelabuhan dipisahkan dermaganya. Nanti dibangun khusus pelabuhan kargo," kata Hadi di Labuan Bajo, seperti dikutip florestoday dari laman kompas.com, Jumat (1/11/2019).

Ada dua opsi yang saat ini tengah dikaji, yaitu kawasan Bari di wilayah utara dan Nangan Bido di wilayah selatan. Tugas Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) nantinya adalah membangun akses menuju pelabuhan tersebut.

Hadi mengungkapkan, masing-masing wilayah memiliki kelebihan dan kekurangannya. Untuk wilayah Bari, memiliki kedalaman yang cukup untuk kapal kargo bersandar, namun lokasinya cukup jauh dibandingkan pelabuhan saat ini. Sementara untuk Nanga Bido, lokasinya cukup dekat namun kedalamannya kurang. Ia menambahkan, setelah pemindahan pelabuhan kargo dilakukan, pelabuhan khusus wisatawan akan dikembangkan menjadi sebuah kawasan obyek wisata bahari.

Misalnya, dengan menata kawasan untuk memberikan ruang yang lebih luas bagi kendaraan antar jemput wisatawan. "Juga dibuat plaza sampai ke Bukit Pramuka. Sehingga turis bisa jalan kaki, olahraga dan segala macam," imbuh Hadi.(Kompas.com)

Rate this item
(1 Vote)

Tentang Kami

Sejak tahun 2015 dengan Motto "Explore The Beauty Of Flores" www.florestoday.com berdiri dan berpartisipasi sebagai sarana penyebar informasi, penjalin persatuan bangsa, merawat demokrasi untuk mendukung pembangunan yang dilaksanakan  oleh pemerintah bersama seluruh warga negara.

Kemajuan dan kesejahteraan akan semakin mudah kita capai jika kerjasama diantara kita dapat terjalin dengan baik.

 

Anggota Media Online Indonesia

Kontak Info

Jl. Reklamasi No 8 Kampung Ujung, Labuan Bajo, 

Kec. Komodo, Labuan Bajo,
Manggarai Barat, NTT – Indonesia.
Telp: +6238541736,

Mobile/Whatsapp: 0811922368

Email: redaksi@florestoday.com

Photo Gallery