Di Balik Kunjungan Deputi Baparekraf selama 3 Hari di Labuan Bajo.

Hotel ayana Labuan Bajo, salah satu hotel terindah di  Nusa Tenggara Timur NTT / Foto : Istimewa Hotel ayana Labuan Bajo, salah satu hotel terindah di Nusa Tenggara Timur NTT / Foto : Istimewa

FLORESTODAY.COM, Labuan Bajo – Deputi Pemasaran Badan Pariwisata Ekonomi Kreatif atau Baparekraf Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Josua Puji Mulia Simanjuntak bersama rombongan melakukan kunjungan kerja selama tiga hari di Labuan Bajo. Kunjungan dimaksud berdasarkan informasi (maps kunjungan kerja) yang diterima florestoday.com pada Rabu 11 Desember 2019, hari ini, masih terkait dengan arahan Presiden Joko Widodo pada rapat terbatas Kabinet 15 juli serta menindaklanjuti arahan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wisnutama saat berkunjung ke Labuan Bajo,Manggarai Barat (Mabar) Nusa Tenggara Timur (NTT) pekan lalu.

Baca Juga : Explore the Beauty of Flores with RRI BAHARI Speed Boat

Dalam Maps Kunjungan Kerjanya, Josua Puji Mulia Simanjuntak akan mengunjungi sejumlah komunitas dan objek wisata yang ada di Labuan Bajo seperti,komunitas UMKM,foto dan videografi, komunitas UMKM Kriya tenun dan sejenisnya dan dilanjutkan dengan melihat keindahan panorama objek wisata air terjun cunca rami sekaligus familiarisasi di lokasi tersebut.Selain itu, Josua Puji Mulia juga akan bersua dengan komunitas tari dan musik tradisional dan melihat keindahan gua Batu Cermin. Berdasarkan jadwal, usai berkunjung ke Batu Cermin, Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu akan berdiskusi dengan komunitas UMKM kreatif. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan Menteri dan Wakil Menteri Pariwisata pada dua pekan lalu. Pada hari terakhir kunjungan Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf itu akan melakukan city tour di sejumlah lokasi seperti Puncak Waringin,Marina dan Kampung Air.

Selain ke Labuan Bajo, Josua Puji Mulia Simanjuntak juga melakukan kunjungan ke beberapa daerah super destinasi pariwisata lainnya seperti Mandalika. Adapun inti dari kunjungan dimaksud dalam rangka melakukan pemetaan sektor wisata serta penataan lokasi objek wisata yang akan dikembangkan menjadi objek wisata premium. Kementerian Pariwisata juga berencana mengembangkan ekonomi kreatif di pulau komodo untuk disesuaikan dengan turis yang datang kesana.

Sebelumnya,Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah menetapkan visi Pariwista Labuan Bajo, yakni mentransformasi Labuan Bajo dan Flores menjadi Pintu Ekowisata Dunia di Provinsi Nusa tenggara Timur dengan mendatangkan 500 ribu wisatawan maancanegara dan menyumbang devisa negara sebanyak 8 triliun rupiah.

Sementara itu pada kunjungan sebelumnya,Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wisnutama telah memberi arahan terkait  Pilot Project Creative Hub untuk 5 Destinasi super Prioritas yakni; Diferensiasi Creative Hub Labuan Bajo Flores yang unik dan sesuai kebutuhan dan Pengelolaan Bersama Creative Hub. Selanjutnya,terkait Ppercepatan Penataan Destinasi Kemenparekraf menempatkan 4 poin penting yakni; Souvenir Shop Sebagai Pencerminan Ekonomi Kreatif Labuan Bajo Flores, Digitalisasi Sisitim Management atau Tiket Terintegrasi,Atraksi dan Transportasi Darat dan Laut. Selain itu, Standarisasi Pemandu Wisata dengan Kemampuan Storry-Telling dan Fotography dan Pelatihan Sadar Wisata Pengemudi Angkutan Umum.(PAH-01)*

Rate this item
(1 Vote)

Tentang Kami

Sejak tahun 2015 dengan Motto "Explore The Beauty Of Flores" www.florestoday.com berdiri dan berpartisipasi sebagai sarana penyebar informasi, penjalin persatuan bangsa, merawat demokrasi untuk mendukung pembangunan yang dilaksanakan  oleh pemerintah bersama seluruh warga negara.

Kemajuan dan kesejahteraan akan semakin mudah kita capai jika kerjasama diantara kita dapat terjalin dengan baik.

 

Anggota Media Online Indonesia

Kontak Info

Jl. Reklamasi No 8 Kampung Ujung, Labuan Bajo, 

Kec. Komodo, Labuan Bajo,
Manggarai Barat, NTT – Indonesia.
Telp: +6238541736,

Mobile/Whatsapp: 0811922368

Email: redaksi@florestoday.com

Photo Gallery