Disparbud Mabar Targetkan PAD sebesar 30 Milyar di 2020

Agustinus Rinus - Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Manggarai Barat / Foto : florestoday.com Agustinus Rinus - Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Manggarai Barat / Foto : florestoday.com

FLORESTODAY.COM, Labuan Bajo - Pengembangan Sektor Pariwisata di kota Labuan Bajo, Manggarai Barat (Mabar) Nusa Tenggara Timur (NTT) mengedepankan konsep pariwisata yang berbasis wisata alam dan budaya. Presiden Joko Widodo pun tidak tanggung-tanggung membenahi kota yang terletak di ujung barat pulau flores itu demi mencapai pariwisata kelas premium.

Baca Juga : Explore the Beauty of Flores with RRI BAHARI Speed Boat

Menyambut peluang itu, pada  2020 mendatang, melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Manggarai Barat khususnya Dinas Pariwisata dan budaya (Disparbud) pun mendapatkan anggara sebesar 14 Miliyar Rupiah. Anggaran tersebut tentunya akan digunakan untuk pembangunan fisik dan peningkatan sumber daya manusia di daerah itu.

“Dana alokasi khusus lebih kepada pembangunan fisik seperti penataan destinasi di luar TNK, penataan bukit eltari, pembangunan dermaga wisata Seraya Maranu dan penataan destinasi Manggrove di Rangko. Sedangkan Non fisiknya, pelatihan sumber daya manusia, pengembangan ekonomi creative seperti kuliner, industry rumah tangga, tenunan, kria dan fashion show”, papar Agustinus Rinus kepada Florestoday.com pada Rabu (11/12/2019).

Dia menambahkan, Untuk Dana Alokasi Umum akan diperuntukan bagi kegiatan festival seperti Festival Komodo di Labuan Bajo, Cunca Wulang di Desa Cunca Wulang dan Festival balap perahu motor di desa Seraya Maranu, Eksplore wisata desa, promosi pariwisata di Jakarta dan Bali.

Demikian Agustinus Rinus menjelaskan, alokasi APBD di dinasnya itu sebanding dengan capaian target di tahun 2019. Dijelaskannya, pada tahun ini, pihaknya memperoleh Anggaran Pendapatan Daerah sebesar 16 Milyar Rupiah atau naik 100 % dari tahun sebelumnya yang hanya sebesar 8 Milyar Rupiah. Karenanya menurut Dia, pihaknya sudah menargetkan kenaikan APBD di tahun 2020 mendatang dengan capaian angka sebesar 30 Milyar Rupiah.

 “Kami menargetkan 30 milyar untuk tahun 2020 dengan sumber dana yang kami peroleh dari beberapa objek wisata dan aktifitas wisata lainnya”, tutup Gusti. (YER-05/PAH-01)*

Rate this item
(1 Vote)

Tentang Kami

Sejak tahun 2015 dengan Motto "Explore The Beauty Of Flores" www.florestoday.com berdiri dan berpartisipasi sebagai sarana penyebar informasi, penjalin persatuan bangsa, merawat demokrasi untuk mendukung pembangunan yang dilaksanakan  oleh pemerintah bersama seluruh warga negara.

Kemajuan dan kesejahteraan akan semakin mudah kita capai jika kerjasama diantara kita dapat terjalin dengan baik.

 

Anggota Media Online Indonesia

Kontak Info

Jl. Reklamasi No 8 Kampung Ujung, Labuan Bajo, 

Kec. Komodo, Labuan Bajo,
Manggarai Barat, NTT – Indonesia.
Telp: +6238541736,

Mobile/Whatsapp: 0811922368

Email: redaksi@florestoday.com

Photo Gallery