2020,Dispabud Mabar Lakukan Studi Banding Ke Toba Samosir

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Manggarai Barat Agustinus Rinus / Foto : Istimewa Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Manggarai Barat Agustinus Rinus / Foto : Istimewa

FLORESTODAY.COM, Labuan Bajo - Presiden Joko Widodo (Jokowi), mengeluarkan peraturan presiden nomor 32 tahun 2018 tentang Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores atau yang dikenal dengan nama BOPLBF.

Dalam perpres tersebut, ditetapkan juga kawasan pariwisata yang meliputi Kawasan Pengembangan Pariwisata Nasional Komodo, Kawasan Pengemabangan Pariwista Nasional Labuan Bajo, Kawasan Pengembangan Pariwisata Nasional Ruteng, dan beberapa daerah lainya.

Baca Juga : Explore the Beauty of Flores with RRI BAHARI Speed Boat

Kehadiran BOPLBF merupakan optimalisasi pengelolaan, pengembangan dan pembangunan kawasan pariwisata Labuan bajo yang dinilai perlu melakukan langkah terkordinasi, sistematis, terarah dan terpadu.

Selain itu, untuk mempercepat pengembangan dan pembangunan kawasan pariwisata Labuan Bajo Flores diperlukan pengaturan secara khusus guna menyatukan pelaksanaan kewenangan pengelolaan kawasan tersebut melalui pembentukan BOPLBF ini.

“Segmentasi yang mau kami ambil disini berbeda dengan daerah lain, disini segmentasinya premium”, papar Jokowi pada Juli lalu di Labuan Bajo, Kita dorong Labuan Bajo untuk percepatan pembangunan dan peningkatan Sumber Daya Manusia untuk menyambut pariwisata premium ini”, tambahnya.

Sementara itu,BOPLBF sendiri telah merancang beberapa rencana pembangunan kawasan pariwisata Labuan Bajo seperti membangun Visitor Center, Agritourism Park, Sunset Bar, Culture Performance Park dan masih banyak aktivitas pariwisata lainya yang tersebar di beberapa lokasi di sekitar Labuan Bajo.

Merespon hal diatas, Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Manggarai Barat kepada florestoday.com mengatakan dalam rangka sinergitas dan kesamaan persepsi maka Disparbud akan melakukan studi banding pada tahun 2020.

 “Disparbud Manggarai Barat 2020 mendatang akan ke Toba Samosir untuk melakukan studi banding, Studi banding ini dilakukan untuk memahami tata kelola Badan Otorita Pariwisata”, pungkas Kadis Pariwisata dan Budaya Manggarai barat, Agustinus Rinus kepada florestoday,Rabu (11/12/2019).(YER-05/PAH-01).*

Rate this item
(1 Vote)

Tentang Kami

Sejak tahun 2015 dengan Motto "Explore The Beauty Of Flores" www.florestoday.com berdiri dan berpartisipasi sebagai sarana penyebar informasi, penjalin persatuan bangsa, merawat demokrasi untuk mendukung pembangunan yang dilaksanakan  oleh pemerintah bersama seluruh warga negara.

Kemajuan dan kesejahteraan akan semakin mudah kita capai jika kerjasama diantara kita dapat terjalin dengan baik.

 

Anggota Media Online Indonesia

Kontak Info

Jl. Reklamasi No 8 Kampung Ujung, Labuan Bajo, 

Kec. Komodo, Labuan Bajo,
Manggarai Barat, NTT – Indonesia.
Telp: +6238541736,

Mobile/Whatsapp: 0811922368

Email: redaksi@florestoday.com

Photo Gallery