Ada 5 Fakta Unik Pulau Komodo, Apa Saja? Featured

Taman Nasional komodo Taman Nasional komodo (Foto. dok. Florestoday.com)

FLORESTODAY.COM, Labuan Bajo - Pulau Komodo ditetapkan menjadi salah satu dari 7 keajaiban warisan alam dunia pada tahun 2012 lalu oleh organisasi New Seven Wonders of Nature.

Indonesia patut berbangga karena nama Pulau Komodo sudah menggema hingga penjuru dunia. Namun, ada beberapa fakta lainnya tentang pulau Komodo yang harus kamu ketahui yang dikutip dari berbagai sumber. Apa Saja?

Ayo Jalan-jalan ke Komodo

1. Habitat Asli Komodo

Dok. Hipwee

Pulau Komodo merupakan habitat asli Komodo, ratusan ekor komodo hidup dan berkembang biak di pulau ini. Sebanyak 5965 komodo dapat ditemukan di Taman Nasional Komodo, yang meliputi tiga pulau besar, yakni Pulau Komodo, Rinca dan Padar. Pulau Komodo memiliki setidaknya 2.918 komodo, sedangkan sisanya tersebar di Pulau Rinca (2875), Gili Motang (92), dan Nusa Kuda Island (75).

 

2. Pink Beach Yang Hanya Ada 7 di Dunia

 Dok. Flores Today

Pulau Komodo memiliki garis pantai yang sangat indah, selain berpasir putih ada juga sebuah pantai yang memiliki pasir berwarna pink (merah muda). Di planet ini hanya ditemukan 7 Pink Beach.

Ayo Jalan-jalan ke Komodo

3. Surga Biota Laut

 Dok. Flores Today

Pulau Komodo merupakan tempat pertemuan aliran air dari selatan yang dingin dan air dari utara yang hangat. Perairan laut di Pulau Komodo memiliki 1.000 spesies ikan, 253 spesies terumbu karang, 70 spesies sponge laut, serta14 spesies paus.

Explore the Beauty of Flores with RRI BAHARI Speedboat

4. Destinasi Terbaik di Dunia

 Dok. Hipwee

Majalah terkemuka National Geographic edisi Juli 2017 mengangkat headline "100 Best Destinations Around the World in Four Seasons". Dalam majalah tersebut, Pulau Komodo masuk dalam daftar 10 destinasi terbaik di dunia.

Lets Go To Labuan Bajo!

5. Tujuan Penelitian

Dok. Hipwee

Setiap tahunnya, jumlah kunjungan ke Pulau Komodo terus meningkat. Selain wisatawan, Taman Nasional Komodo ini juga merupakan tujuan populer bagi para ilmuwan dan naturalis yang ingin mempelajari evolusi hewan, seperti komodo yang hanya ada di Indonesia dimana Nusa Tenggara Timur memiliki populasi terakhir dari kadal besar, yang hidup di Indonesia ratusan juta tahun lalu. (Berbagai sumber/Sabrina)

Rate this item
(0 votes)

Tentang Kami

Sejak tahun 2015 dengan Motto "Explore The Beauty Of Flores" www.florestoday.com berdiri dan berpartisipasi sebagai sarana penyebar informasi, penjalin persatuan bangsa, merawat demokrasi untuk mendukung pembangunan yang dilaksanakan  oleh pemerintah bersama seluruh warga negara.

Kemajuan dan kesejahteraan akan semakin mudah kita capai jika kerjasama diantara kita dapat terjalin dengan baik.

 

Anggota Media Online Indonesia

Kontak Info

Jl. Reklamasi No 8 Kampung Ujung, Labuan Bajo, 

Kec. Komodo, Labuan Bajo,
Manggarai Barat, NTT – Indonesia.
Telp: +6238541736,

Mobile/Whatsapp: 0811922368

Email: redaksi@florestoday.com

Photo Gallery