Gua Liang Panas, Destinasi Wisata Ajaib di Manggarai Barat Featured

Pariwisata Gua Liang Panas, Kab. Manggarai Barat Pariwisata Gua Liang Panas, Kab. Manggarai Barat (Foto. dok. Florestoday.com)

FLORESTODAY.COM, Labuan Bajo - Menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Indonesia, Labuan Bajo kini menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Indonesia. Bagaimana tidak, dari Labuan Bajo, kita bisa mengeksplor pulau-pulau yang ada di kepulauan komodo yang memiliki daya tarik masing-masing. Contohnya seperti Pulau Padar, Pulau Kelor, Pulau Rinca, Pulau Kanawa, dan Pulau Komodo.

Selain beberapa pulau menawan di atas terdapat juga spot wisata di beberapa titik yang tidak kalah "wow". Apa itu?

Ayo Jalan-jalan ke Komodo!

Gua Panas adalah salah satu objek wisata baru yang terletak di desa Tondong Belang, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat.

Untuk menyusuri tempat ini, dari Labuan Bajo kita dapat menggunakan kendaraan roda dua dan maupun roda empat. Waktu yang ditempuh dalam perjalanan sekitar 30 menit melewati jalur Trans Flores hingga sampai di Kampung Dalong. Dari Dalong kita harus berjalan kaki lagi sekitar 1 km hingga sampai di lokasi. Kita juga akan melewati satu sungai, kebun-kebun hingga sawah milik warga lokal. Medan jalan yang naik turun, cukup menguras tenaga, namun pohon-pohon yang rindang mengiringi selama perjalanan, membuat udara cukup sejuk.

Gua ini memiliki sejuta keindahan yang memukau para pengunjung. Terdapat dinding kristal, kolam, lorong-lorong beraneka bentuk serta puluhan ruangan yang menarik di dalam Gua.

Ayo Jalan-jalan ke Komodo!

Meski namanya Gua panas tetapi seaungguhnya Gua ini memiliki suhu dingin. Di beberpa ruangan Gua, terdapat aneka tekstur bebatuan berbentuk manusia, meja dan kamar. Selain itu, di Gua ini juga terdapat sejumlah jenis ular dan ribuan burung walet.

Warga lokal dan kepala wilayah Desa Tondong Belang bernama Fransiskus mengatakan, Gua ini benar-benar berbeda dengan gua-gua di tempat lain. Hal ini dikarenakan banyak sekali hal-hal yang menarik di sini. Seperti nama pada Gua tersebut.

Ayo Jalan-jalan ke Komodo!

"Namanya Gua Liang Panas tapi, di setiap lorong Gua suhunya benar-benar dingin dan alami, dan di sini juga terdapat kolam, lalu di samping kolam ini, ada semacam tempat duduk untuk para leluhur sehabis berenang." Katanya saat menemani tim Florestoday.com menyusuri Gua pada Jumat (18/10/2019)

Dia juga mengharapkan, agar tempat ini dijadikan salah satu paket destinasi wisatawan saat berkunjung ke Labuan Bajo, selain itu Dia juga berharap agar pemerintah setempat dapat membuka akses jalan menuju ke sini, sehingga memudahkan wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini. (Sab/Red)

Rate this item
(0 votes)

Tentang Kami

Sejak tahun 2015 dengan Motto "Explore The Beauty Of Flores" www.florestoday.com berdiri dan berpartisipasi sebagai sarana penyebar informasi, penjalin persatuan bangsa, merawat demokrasi untuk mendukung pembangunan yang dilaksanakan  oleh pemerintah bersama seluruh warga negara.

Kemajuan dan kesejahteraan akan semakin mudah kita capai jika kerjasama diantara kita dapat terjalin dengan baik.

 

Anggota Media Online Indonesia

Kontak Info

Jl. Reklamasi No 8 Kampung Ujung, Labuan Bajo, 

Kec. Komodo, Labuan Bajo,
Manggarai Barat, NTT – Indonesia.
Telp: +6238541736,

Mobile/Whatsapp: 0811922368

Email: redaksi@florestoday.com

Photo Gallery