Mau Tau Keunikan Nama Kuda Pacu Orang Manggarai? Featured

Mau Tau Keunikan Nama Kuda Pacu Orang Manggarai? (Foto. Benny/florestoday.com)

florestoday.com, LABUAN BAJO - Selain memiliki lokasi wisata unik dan menarik seperti Wae Rebo dan Gua Liang Bua tempat  ditemukannya manusia kerdil atau homo florensiensis, di kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur (NTT) juga memiliki keunikan dan keseruan lain. Terutama, bagi para pecinta olahraga berkuda.

Seperti yang dilakukan pemerintah kabupaten Manggarai belum lama ini. Dalam rangka memeriahkan HUT RI yang ke -74, pemerintah setempat mengadakan lomba pacuan kuda dan berlangsung selama tiga hari di Nanga Banda, Kelurahan Baru, Kecamatan Reok.

Ayo Jalan-jalan ke Komodo, BOOK NOW!

Perlombaan pacuan kuda yang dibuka secara resmi oleh Ketua Pordasi Kabupaten Manggarai, Manseltus Mitak itu, menghadirkan 21 ekor kuda pacu ternama dari dua kabupaten yakni Manggarai dan Ngada.

Selain itu, nama yang unik dari ke-21 ekor kuda pacu itu, menjadikan event ini lebih menarik untuk ditonton, seperti yang dikisahkan Valentinus Rahmat, warga kecamatan reok kepada florestoday.com melalui sambungan telepon pada Senin, (16/09) kemarin.

 Baca juga: Temukan Pesona Keajaiban Alam di Pink Beach

"Dulu ada nama kuda pacu, dolar, ninja, matahari, symphoni, angin malam, melon, melati, rajawali,depet dan nona manis kuda betina dari Ngada," kata pria yang biasa disapa om valens Itu.

Menurutnya, nama kuda tersebut, biasanya identik dengan nama tempat usaha, seperti matahari, dimana sang pemiliknya juga berasal dari toko matahari di kota ruteng, Ibukota kabupaten manggarai. Dalam setiap perlombaan, biasanya kuda pacu Itu, dipanggil satu persatu sekaligus mendapat promosi berupa pujian dari panitia atau Master of Ceremony sebelum menuju titik start.

Lets Go to Labuan Bajo

Sebutan berawal dari nama, asal kuda, nama pemilik, penungang kuda, kecepatan kuda , tinggi dan berat badan,hingga biaya yang dikeluarkan untuk merawat kuda pacu tersebut.

Guyonan master of ceremony pun acapkali membuat para penonton bersorak, tatkala nama kuda jagoannya disebut. Biasanya, pada setiap event seperti Ini antusias warga sangat tinggi, meski mereka harus berjemur dibawah terik matahari bahkan berdebu, hanya untuk menyaksikan dari dekat kuda pujaan mereka berlari melewati lintasan dan area batas tempat mereka berdiri.

"Kami tidak puas kalau tidak nonton dari jarak dekat",ujar Valens.

Explore the Beauty of Flores with RRI Bahari Speedboat, BOOK NOW!

Berikut nama kuda unik yang meraih juara dalam kelasnya masing - masing, Kelas A, Juara 1 Kuda Mbape asal Ruteng Manggarai dan Juara 2 Kuda Nore Gore asal Ngada sedangkan di Kelas B, Juara 1 Kuda Buru Liok dan Juara 2 Kuda Bintang Kota. Selanjutnya Kelas C, Juara 1 Kuda Lady Gaga dan Juara 2 Kuda Jet Star. Untuk Kelas D, Juara 1 Kuda Bay Pas dan Juara 2 Kuda Hanter.

Dari 21 ekor kuda asal kabupaten Manggarai dan Ngada yang diperlombakan pada event kali ini, Mbape, kuda milik Bupati Manggarai Kamelus Deno, terpilih sebagai kuda terbaik sekaligus meraih juara umum dan diikuti oleh kuda Bintang Kota, milik warga kota ruteng (LM-01)

Rate this item
(1 Vote)

Tentang Kami

Sejak tahun 2015 dengan Motto "Explore The Beauty Of Flores" www.florestoday.com berdiri dan berpartisipasi sebagai sarana penyebar informasi, penjalin persatuan bangsa, merawat demokrasi untuk mendukung pembangunan yang dilaksanakan  oleh pemerintah bersama seluruh warga negara.

Kemajuan dan kesejahteraan akan semakin mudah kita capai jika kerjasama diantara kita dapat terjalin dengan baik.

 

Anggota Media Online Indonesia

Kontak Info

Jl. Reklamasi No 8 Kampung Ujung, Labuan Bajo, 

Kec. Komodo, Labuan Bajo,
Manggarai Barat, NTT – Indonesia.
Telp: +6238541736,

Mobile/Whatsapp: 0811922368

Email: redaksi@florestoday.com

Photo Gallery