Kisah Tragis Cunca Pengantin Featured

Kisah Tragis Cunca Pengantin (Foto. dok. Florestoday.com)

FLORESTODAY.COM, Labuan Bajo - Nama Wae Bobok sudah tidak asing di telinga warga masyarkat Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Wae Bobok merupakan nama tempat peristirahatan kendaraan - kendaraan dari Labuan Bajo menuju Terang, Rego, begitupun sebaliknya.

Wae Bobok merupakan kawasan hutan lindung dan tempat yang strategis untuk melepas lelah, hal ini dikarenakan alam di sekitar Wae Bobok masih alami. Udaranya pun begotu segar terasa, ditambah lantunan kicauan burung-burung yang begitu menenangkan jiwa. Selain menjadi tempat peristirahatan, ada objek wisata menarik di Wae Bobok, lho. Apa itu?

Ayo Jalan-jalan ke Komodo!

Cunca Pengantin atau Air Terjun Pengantin menjadi salah satu tempat wisata yang jangan sampai kamu lewatkan. Untuk menuju lokasi ini, kita perlu menempuh perjalanan selama 1 hingga 2 jam dari Labuan Bajo dengan menggunakan kendaraan roda empat mapun dua. Sobat tidak perlu khawatir dengan kondisi jalan menuju tempat ini karena sudah beraspal. Dari Labuan Bajo, kita ambil jalur ke arah Nggorang, kemudian kita akan melewati beberapa kampung, seperti Kampung Tebedo dan Kampung Rai.

Baca Juga: Menguak Kecantikan Pulau Taka Makassar

Selama perjalanan yang cukup panjang tersebut, kita akan disuguhkan pemandangan yang siap membius mata dan dijamin Sobat tidak akan merasa bosan maupun jenuh selama perjalanan.

Tim Flores Today kemudian berkesempatan untuk bertandang ke Air Terjun Cunca Pengantin. Perjalanan yang melelahkan terbayar dengan kehangatan warga lokal yang menyambut setibanya di tempat ini. Salah satu warga lokal yang bernama Harto, menggungkapkan bahwa belum ada tarif biaya masuk ke tempat ini.

Explore the Beauty of Flores with RRI Bahari Speed Boat. Book Now!

Selama perjalanan, Harto bercerita mengenai sepenggal sejarah Cunca Pengantin yang cukup tragis. Dahulu kala, ada sepasang kekasih yang dimabuk asmara menjalin cinta, namun hubungan tersebut harus kandas karena sang pria secara tiba-tiba memutuskan tali kasih keduanya secara sepihak. Sakit hati mendalam yang dirasakan sang wanita kemudian mengantarkannya untuk melakukan bunuh diri di Air Terjun ini. Inilah mengapa akhirnya dinamakan Cunca Pengantin.

Baca Juga: Home Stay Unik di Kampung Cecer Siap Jadi Icon Wisata

Ukuran kolam di Air Terjun ini tidak terlalu besar, hanya muat untuk dua orang yang dapat berendam di kolam tersebut. Airnya yang jernih dapat membuat badan segar saat berendam maupun berenang di kolam tersebut. Ditambah pemandangan alam yang menyejukkan, menambah suasana menjadi sempurna untuk menenangkan pikiran.

Lets Go to Labuan Bajo!

Sebelum pulang, jangan lupa untuk singgah di kios-kios sekitaran Wae Bobok. Dinginnya badan sehabis berendam di kolam, akan jadi terasa hangat jika menghirup dan menyeruput kopi panas khas Manggarai yang dijual di kios-kios.

Cunca Pengantin sangat cocok jadi salah satu destinasi liburan sobat flores today jika ingin menenangkan pikiran dan jauh dari hiruk-pikuk keramaian. Selamat berlibur, Sobat!

Reporter: (YON-04)
Editor : (SAB-02)

Rate this item
(2 votes)

Tentang Kami

Sejak tahun 2015 dengan Motto "Explore The Beauty Of Flores" www.florestoday.com berdiri dan berpartisipasi sebagai sarana penyebar informasi, penjalin persatuan bangsa, merawat demokrasi untuk mendukung pembangunan yang dilaksanakan  oleh pemerintah bersama seluruh warga negara.

Kemajuan dan kesejahteraan akan semakin mudah kita capai jika kerjasama diantara kita dapat terjalin dengan baik.

 

Anggota Media Online Indonesia

Kontak Info

Jl. Reklamasi No 8 Kampung Ujung, Labuan Bajo, 

Kec. Komodo, Labuan Bajo,
Manggarai Barat, NTT – Indonesia.
Telp: +6238541736,

Mobile/Whatsapp: 0811922368

Email: redaksi@florestoday.com

Photo Gallery