Jalan-jalan ke Wisata Air Panas di Labuan Bajo Featured

Batu berisi air panas Batu berisi air panas (Foto. Sabrina/florestoday.com)

FLORESTODAY.COM, Labuan Bajo - Siapa yang tak kenal Labuan Bajo? Kota kecil di Barat pulau Flores, Nusa Tenggara Timur ini kini telah menjadi salah satu destinasi liburan favorit di Indonesia.

Ayo Jalan-jalan ke Komodo! Book Now!

Selain terkenal dengan Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo juga banyak menyimpan wisata alam yang pastinya penuh dengan petualangan. Salah satu tempat wisata yang belum banyak diketahui wisatawan ialah, wisata air panas di Labuan Bajo. Penasaran?

Florestoday.com kali ini akan membawa sobat jalan-jalan ke 2 objek wisata air panas yang ada di Labuan Bajo. Ikuti terus, ya!

 

 

1. Watu Potang

Watu Potang, begitu masyarakat setempat menyebutnya. Batu raksasa setinggi kurang lebih 2 meter ini, berdiri di tengah-tengah lapangan yang sangat luas. Tidak diketahui asal muasal batu ini bisa berdiri kokoh hingga saat ini. Yang unik dari batu tersebut ialah, jika kita naik ke bagian atas, maka kita akan melihat air panas yang keluar dari batu tersebut.

Terletak di Kampung Sokrutung, Desa Pantar, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Air tersebut terus keluar dari atas batu. Meski begitu, warga sekitar tidak mengetahui apakah air tersebut berkhasiat atau tidak, pasalnya air yang dikeluarkan tidak jernih, melainkan berwarna kekuningan.

Jika sobat florestoday ingin berkunjung ke Watu Potang, maka dari pusat kota Labuan Bajo, sobat hanya perlu menempuh jarak 10 km melewati jalan trans Flores ke arah timur laut menuju Desa Nggorang. Selanjutnya, berbelok ke arah selatan sejauh 15 km menuju Kampung Sokrutung dengan kondisi jalan beraspal yang tak lagi mulus.

Jalan masuk ke Watu Potang masih bebatuan, jika sobat menggunakan kendaraan, baiknya menitipkan kendaraan sobat di lapangan sepak bola yang ada di Desa Sokrutung. Selanjutkan sobat harus berjalan kaki kurang lebih 1 KM menuju batu raksasa tersebut. Diharapkan sobat membawa perbekalan seperti air minum atau camilan agar tidak dehidrasi karena lelah berjalan, pasalnya cuaca yang cukup terik dapat menghabiskan energi saat trekking.

 

Obati kerusakan pada mesin kendaraan anda di Surya Jaya Moto Bajo. Menerima antar jemput kendaraan Anda. Info lebih lanjut hubungi: 081338892519, atau datang langsung ke Jalan Trans Flores, Desa Gorontalo, Labuan Bajo, NTT (Depan Pertamina Pasar Baru)

 

Selain bisa melihat batu besar yang berdiri kokoh di tengah lapangan, Sobat juga bisa menikmati area persawahan dan perbukitan yang indah, namun sobat harus tahan dengan teriknya matahari yang siap membakar kulit.

 

2. Watu Dusun Capi

Terletak di Dusun Capi, Kelurahan Golobilas, Kecamatan Marombok, Kabupaten Manggarai Barat, NTT ada sebuah batu yang mengeluarkan air panas dari dalam. Warga sekitar mengatakan jika air tersebut berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit kulit, bahkan penduduk sekitar mengatakan ada wisatawan yang datang ke tempat tersebut khusus untuk mandi atau sekedar mencuci muka.

Untuk menuju air panas di Dusun Capi, dibutuhkan waktu sekitar 30 menit menggunakan kendaraan bermotor. Setibanya di Dusun Capi, sobat masih harus berjalan kaki sejauh 1 km. Selama perjalanan, pengunjung akan disuguhkan pemandangan hamparan sawah yang hijau, kemudian ada perkebunan terong, bayam dan kebun pisang.

 

 

Penduduk sekitar mengatakan bahwa, air yang keluar dari batu tersebut berkhasiat dan keramat. Tokoh agama hingga pejabat di dunia politik datang untuk sekedar membasuh wajah di tempat tersebut.

Pemerintah daerah diharapkan bisa membuka akses jalan untuk ke tempat air panas tersebut, dikarenakan akses menuju tempat tersebut cukup sulit, dengan medan jalan yang belum teraspal.

 

 

Gimana sobat? Penasaran dengan fenomena batu yang keluarkan air panas seperti di atas? Sobat bisa langsung datang dan nikmati sendiri sensasi keajaiban alam di Nusa Tenggara Timur. (SAB-02)

Rate this item
(1 Vote)

Tentang Kami

Sejak tahun 2015 dengan Motto "Explore The Beauty Of Flores" www.florestoday.com berdiri dan berpartisipasi sebagai sarana penyebar informasi, penjalin persatuan bangsa, merawat demokrasi untuk mendukung pembangunan yang dilaksanakan  oleh pemerintah bersama seluruh warga negara.

Kemajuan dan kesejahteraan akan semakin mudah kita capai jika kerjasama diantara kita dapat terjalin dengan baik.

 

Anggota Media Online Indonesia

Kontak Info

Jl. Reklamasi No 8 Kampung Ujung, Labuan Bajo, 

Kec. Komodo, Labuan Bajo,
Manggarai Barat, NTT – Indonesia.
Telp: +6238541736,

Mobile/Whatsapp: 0811922368

Email: redaksi@florestoday.com

Photo Gallery