Sekolahkan Anak Hingga Kuliah Dari Hasil Ukir Komodo Featured

Bakrie, Pemahat patung komodo di Pulau Komodo Bakrie, Pemahat patung komodo di Pulau Komodo Foto: Dok. florestoday.com

FLORESTODAY.COM, Pulau Komodo - Sebagai tujuan destinasi utama pariwisata di Labuan Bajo, Pulau Komodo yang masuk dalam Taman Nasional Komodo menjadi magnet utama wisatawan datang berkunjung.

Ayo Jalan-jalan ke Komodo!

Selain bisa melihat kehidupan dan aktivitas hewan purba komodo secara alami, kita juga dapat melihat berbagai pernak pernik hasil karya penduduk lokal yang dijual. Seperti baju, gelang, topeng hingga patung komodo yang terbuat dari kayu. Salah seorang pemahat komodo yang bernama Bakrie, membagi kisahnya dengan florestoday.com pada Senin (10/11/19).

Dengan penghasilan yang tak menentu, Bakrie yang awalnya merupakan seorang nelayan, sekarang memilih menjadi seorang pemahat patung komodo dengan pendapatan ratusan ribu sekali pahat. Untuk jenis kayu yang bisa dipahat menjadi patung komodo, Bakrie mengungkapkan ada 3 jenis kayu.

 

Obati kerusakan pada mesin kendaraan anda di Surya Jaya Moto Bajo. Menerima antar jemput kendaraan Anda. Info lebih lanjut hubungi: 081338892519, atau datang langsung ke Jalan Trans Flores, Desa Gorontalo, Labuan Bajo, NTT (Depan Pertamina Pasar Baru)

 

"Ada 3 jenis kayu ya yang bisa dipahat menjadi patung komodo, yaitu Kayu Jati, Kayu Klumpang dan Kayu Waru." Jelasnya sambil memahat patung.

Proses pemahatan satu patung komodo berukuran 50 cm, dapat dikerjakan hingga 7 jam lamanya. Biasanya, penghasilan Bakrie tidak menentu, hal tersebut tergantung dari pesanan patung komodo. Pria berumur 41 tahun ini, telah menggeluti profesi sebagai pemahat patung komodo selama 15 tahun.

Selanjutnya Bakrie menceritakan bahwa dirinya berhasil kuliahkan sang anak sulung hingga perguruan tinggi lewat hasil memahat patung komodo.

"Saat ini anak sulung saya sedang kuliah semester 2 di Matarram, kemudian ada anak kedua saya yang sedang sekolah SMA dan bungsu yang kecil" jelasnya.

Explore the Beauty of Flores with White Pearl Boat. Book Now!

Bakrie berharap agar isu tentang penutupan pulau komodo tidak terjadi, karena hal tersebut akan menghentikan mata pencaharian dirinya satu satunya.

"Kemarin saat ada info penutupan, kaget saya. Tapi untungnya tidak terjadi." Tutupnya (SAB-02)

Rate this item
(1 Vote)

Tentang Kami

Sejak tahun 2015 dengan Motto "Explore The Beauty Of Flores" www.florestoday.com berdiri dan berpartisipasi sebagai sarana penyebar informasi, penjalin persatuan bangsa, merawat demokrasi untuk mendukung pembangunan yang dilaksanakan  oleh pemerintah bersama seluruh warga negara.

Kemajuan dan kesejahteraan akan semakin mudah kita capai jika kerjasama diantara kita dapat terjalin dengan baik.

 

Anggota Media Online Indonesia

Kontak Info

Jl. Reklamasi No 8 Kampung Ujung, Labuan Bajo, 

Kec. Komodo, Labuan Bajo,
Manggarai Barat, NTT – Indonesia.
Telp: +6238541736,

Mobile/Whatsapp: 0811922368

Email: redaksi@florestoday.com

Photo Gallery