Tips Memilih Printer

florestoday.com, Labuan Bajo - Sebelum memilih printer, Anda harus terlebih dahulu mengetahui untuk apa Anda menggunakannya. Disini kami akan mencoba membantu Anda memilih printer sesuai dengan kebutuhan Anda.

Printer sangat diperlukan untuk mencetak foto atau dokumen. Saat ini, printer hadir tidak hanya sebagai mesin pencetak, tetapi dilengkapi juga dengan fitur tambahan lainnya. Pengoperasiannya juga semakin mudah, karena beberapa macam printer sudah dapat terhubung dengan smartphone.

1. Printer inkjet untuk mencetak foto dan gambar
Printer inkjet adalah produk printer dengan ukuran kecil. Kelebihannya terdapat pada hasil yang halus, serta warna tajam untuk mencetak foto atau gambar. Harga produk ini juga terbilang murah serta mudah didapatkan.

Namun, karena kelebihan utamanya dalam mencetak foto atau gambar, printer ini memerlukan tinta dalam jumlah yang lebih banyak. Hal lain yang harus Anda pehatikan sebelum memilih printer inkjet adalah mengecek harga satuan cartridge.

2. Printer laser cocok untuk mencetak dalam jumlah banyak
Printer laser adalah printer dengan fitur lengkap yang dapat mencetak dalam jumlah banyak seperti mesin fotokopi. Dulunya printer laser hanya digunakan untuk kantor, tetapi belakangan ini muncul printer laser untuk penggunaan rumah dengan harga yang lebih terjangkau.

Printer laser berukuran besar sehingga membutuhkan tempat yang besar pula untuk peletakannya. Biaya pengoperasian dan perawatannya juga terjangkau, sehingga banyak yang menggunakan printer laser dalam jangka panjang. Printer laser dapat diatur untuk mencetak dalam mode warna atau monochrome. Namun kemampuannya dalam mencetak warna sedikit kurang baik.

3. Pilihlah produk berdasarkan fungsi utamanya
Jika Anda hanya butuh untuk mencetak saja, pilihlah printer sederhana dengan fungsi tunggal.

4. Pilih berdasarkan jenis cartridge dan biaya penggunaannya
Jika dibandingkan dengan dahulu, harga printer saat ini memang jauh lebih murah. Tetapi sebaiknya Anda juga memperhitungkan biaya penggunaan printer kedepannya, terutama untuk pembelian cartridge.

5.Sesuaikan apa yang ingin Anda cetak dengan jenis tinta pada printer
Selain printer laser, jenis tinta pada printer dapat dibagi menjadi tinta warna, tinta pigmen, dan tinta hybrid, yang merupakan kombinasi antara tinta warna dan tinta pigmen.

6. Fitur Wi-Fi yang memudahkan
Anda tidak perlu khawatir lagi dengan kabel-kabel yang harus Anda sambungkan dari PC ke printer. Saat ini sudah banyak printer yang dilengkapi dengan koneksi Wi-Fi, sehingga Anda tidak perlu lagi menggunakan kabel. Anda bisa langsung mencetak dokumen, foto, atau gambar melalui handphone Anda

Rate this item
(0 votes)

Tentang Kami

Sejak tahun 2015 dengan Motto "Explore The Beauty Of Flores" www.florestoday.com berdiri dan berpartisipasi sebagai sarana penyebar informasi, penjalin persatuan bangsa, merawat demokrasi untuk mendukung pembangunan yang dilaksanakan  oleh pemerintah bersama seluruh warga negara.

Kemajuan dan kesejahteraan akan semakin mudah kita capai jika kerjasama diantara kita dapat terjalin dengan baik.

 

Anggota Media Online Indonesia

Kontak Info

Jl. Reklamasi No 8 Kampung Ujung, Labuan Bajo, 

Kec. Komodo, Labuan Bajo,
Manggarai Barat, NTT – Indonesia.
Telp: +6238541736,

Mobile/Whatsapp: 0811922368

Email: redaksi@florestoday.com

Photo Gallery