Laptop Lemot Bikin Bad Mood? Simak Langkah Berikut! Featured

Laptop Lemot Bikin Bad Mood? Simak Langkah Berikut! (Foto. dok. Florestoday.com)

FLORESTODAY.COM, Labuan Bajo - Performa laptop yang lemot seringkali bikin kesal karena menghambat produktivitas kerja. Namun, tak perlu khawatir, mengatasi laptop lemot cukuplah mudah asalkan kamu tahu faktor penyebabnya.

Oleh karena itu, kenali dan waspadai penyebab laptop lemot agar nggak mengganggu aktivitas sehari-hari. Pasalnya, cara untuk mengatasinya pun berbeda-beda tergantung faktor penyebabnya. Makanya, yuk, simak penyebab dan tips mengatasi laptop lemot berikut ini.

Ayo Jalan-jalan ke Komodo!

 

1. Hapus Program Yang Berjalan Saat Startup

Penyebab umum komputer selalu lemot bisa jadi karena munculnya banyak aplikasi di background secara otomatis setiap kali kamu menyalakan laptop atau PC. Pasalnya, semakin banyak aplikasi yang berjalan saat startup, maka tidak hanya membuat waktu booting lebih lama, namun juga memperlambat kinerja perangkat.

Baca Juga: Saat Hapemu Terendam Air, Lakukan Hal Ini!

Makanya, untuk mengetahui seberapa banyak program yang berjalan di background dan seberapa banyak memori yang digunakan, kamu cukup membuka Task Manager dari klik kanan di tombol Start atau tekan tombol Windows + X pada perangkat Windows 10. Pada bagian Start-up, klik program yang ingin dihapus lalu pilih Disable.

 

2. Hard Drive Jangan Sampai Penuh

Untuk mengatasi laptop lemot, bersihkanlah laptop atau desktop dari file dan program yang kurang penting dan jarang digunakan, serta file-file yang memakan banyak space. Kamu dapat masuk ke Programs and Features di Control Panel untuk mengetahui aplikasi/program yang banyak memakan space di hard drive. Cara lainnya, bersihkan pula temporary file menggunakan tool Disk Cleanup.

 

3. Matikan Laptop Setelah Digunakan

Sekedar informasi, melakukan shutdown laptop sangat baik untuk kinerja dan menambah usia laptop. Sebab, hardware dapat beristirahat walaupun hanya beberapa jam saja. Selain itu, mematikan laptop setelah digunakan juga memungkinkan laptop menerima dan meng-install update Windows secara berkala.

Explore the Beauty of Flores with White Pearl Phinisi

Oleh karena itu, pastikan mematikan laptop setiap malam menjadi kebiasaan sejak sekarang. Hal ini tentu memastikan kinerja laptop tetap cepat dan responsif, sekaligus kamu juga dapat menghemat listrik.

 

4. Bersihkan Browser Add-ons Yang Tidak Perlu

Program ekstensi atau add-ons di browser memang dapat meningkatkan pengalaman pengguna saat browsing. Sayangnya, jika memasang add-ons terlalu banyak justru memberatkan kinerja prosesor sehingga membuat laptop menjadi lemot.

Baca Juga: Tips Sederhana Merawat Laptop

Maka dari itu, menonaktifkan atau menghapus ekstensi yang nggak dibutuhkan adalah cara terbaik mengatasi laptop lemot. Bagi pengguna Firefox, kamu cukup klik tombol menu paling kanan, kemudian pilih Add-ons. Selanjutnya klik disable atau remove pada item-item yang tidak diinginkan dalam daftar.

Sementara bagi yang menggunakan Chrome, klik menu Chrome (tombol titik tiga) pada kanan atas, kemudian klik More tools, pilih Extensions. Geser centang ke kiri untuk menonaktifkan ekstensi yang diinginkan. Jika ingin dibuang, klik Remove. (Red/acer.id)

Rate this item
(1 Vote)

Tentang Kami

Sejak tahun 2015 dengan Motto "Explore The Beauty Of Flores" www.florestoday.com berdiri dan berpartisipasi sebagai sarana penyebar informasi, penjalin persatuan bangsa, merawat demokrasi untuk mendukung pembangunan yang dilaksanakan  oleh pemerintah bersama seluruh warga negara.

Kemajuan dan kesejahteraan akan semakin mudah kita capai jika kerjasama diantara kita dapat terjalin dengan baik.

 

Anggota Media Online Indonesia

Kontak Info

Jl. Reklamasi No 8 Kampung Ujung, Labuan Bajo, 

Kec. Komodo, Labuan Bajo,
Manggarai Barat, NTT – Indonesia.
Telp: +6238541736,

Mobile/Whatsapp: 0811922368

Email: redaksi@florestoday.com

Photo Gallery